Bantuan Kuota Kemendikbud : Lebih Sedikit, Tapi Lebih Fleksibel

Mendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menyalurkan bantuan berupa kuota data internet untuk meringankan beban guru dan peserta didik. Kebijakan bantuan kuota data internet 2021 hadir dalam bentuk yang berbeda dari bantuan serupa tahun lalu. Modifikasi dilakukan dalam rangka pemaksimalan penggunaan kuota dengan keseluruhannya berupa kuota utama, tidak lagi kuota belajar yang penggunaannya sangat terbatas.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyebutkan bahwa bantuan kuota akan hadir dengan jumlah lebih sedikit, tetapi keseluruhannya berupa kuota umum, sehingga dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman atau aplikasi selama halaman tersebut tidak diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Lebih lengkap mengenai situs terblokir dapat dilihat melalui http://kuota-belajar.kemendikbud.go.id, yang merupakan situs resmi bantuan kuota data internet. Informasi ini disampaikan melalui Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 yang ditayangkan secara langsung di kanal youtube Kemendikbud RI pada Senin (1/3).

“Walaupun volume giga byte-nya tidak sebesar yang sebelumnya, tapi penggunaannya jauh lebih fleksibel,” ujar Nadiem.

Penyaluran akan dilaksanakan tiga bulan ke depan, mulai dari Maret 2021. Adapun besaran jumlah kuota internet yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikannya. Bagi mahasiswa dan dosen akan disalurkan kuota internet sebesar 15 GB untuk setiap bulan, tepatnya pada tanggal 11-15 dan berlaku hingga 30 hari sejak kuota internet diterima.

“Harapan saya adalah dengan adanya kuota ini selama 3 bulan ke depan dengan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya dapat membantu kita transisi dalam waktu beberapa bulan ini untuk antisipasi dan preparasi tatap muka,” tambah Nadiem.

Penerima bantuan kuota internet 2021 ialah mereka yang menerima bantuan serupa pada bulan November-Desember 2020 lalu. Kuota internet akan secara otomatis diterima pada nomor sama yang masih aktif, terkecuali pada nomor yang total penggunaannya kurang dari 1 GB. Bagi yang nomornya berubah atau belum pernah menerima bantuan sebelumnya, harus menunggu hingga April 2021 untuk dapat menerima bantuan ini. Modifikasi bantuan kuota internet dilakukan berdasarkan banyaknya masukan dari masyarakat yang menginginkan fleksibilitas penggunaan yang maksimal.

Editor : Farah Diba Aulia

Avatar

Yuniar Galuh Nur Fatiha

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.