Event Update

Baterai Ajaib Ramah Lingkungan Buatan Anak Kelautan

Baterai ramah lingkungan bikinan anak ITK.

Baterai yang terbuat dari mikroalga tersebut punya prinsip sel volta selayaknya baterai pada umumnya.

Baterai laut yang diberi nama BioBaterai ini pada dasarnya bertujuan menggantikan penggunaan bahan kimia dengan mikroalga sebagai elektrolit dalam baterai. Bahan-bahan berbahaya seperti kalium, kadmium, merkuri dan natrium yang terkandung di baterai biasa sangat beracun jika dilepas di lingkungan.

“Baterai mikroalga ini mengganti bahan-bahan kimia dengan pasta mikroalga yang lebih ramah lingkungan.” Tutur Amelia, Mahasiswi ITK yang menggawangi PKM ini.

Bersama keempat kawannya serta bimbingan dari Dr. Ir. Mujizat Kawaroe, M.Si., Amelia akhirnya menelurkan teknologi BioBaterai. “Baterai Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Mikroalga” yang menjadi tajuk penelitiannya itu memanfaatkan pasta mikroalga hasil pembiakan mikroalga sebagai bahan dasarnya.

Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Bioprospeksi Kelautan  ITK IPB ini menggunakan empat jenis mikroalga yg digunakan dalam penelitian ini yaitu Tetraselmis chuii, Tetraselmis sucica, Chlorella sp, Nannochloropsis sp. Hasil pengujian baterai menghasilkan voltase sebesar 1,45 – 5,63 volt. Dengan voltase tersebut BioBaterai ini dapat menyalakan  LCD clock dan LED.

Sumber : marine.ipb.ac.id

Muhammad Fahmi Alby

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*