Event Update

Berbeda, Tahun ini Mahasiswa UTMI Bayarkan BPIF

1471505749667

Mahasiswa baru IPB angkatan 53 Nurul (kiri) dan Ayu (Kanan) dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan(FPIK) mengenakan almamater dan memegang Kartu Tanda Mahasiswa Sementara usai registrasi ulang di Gedung Graha Widya Wisuda, Kamis (18/8). Mereka mengaku senang dengan kawasan kampus IPB yang asri dan bersih. (Foto: Tasya C).

Kamis (18/08), berlangsung registrasi ulang mahasiswa baru IPB angkatan 53 di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW)  IPB untuk jalur di luar SNMPTN yang meliputi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) , Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan Prestasi Internasional Nasional (PIN). Registrasi ulang akan berlangsung selama dua hari hingga Jumat(19/8). Hari ini mahasiswa langsung diberikan almamater IPB untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Sementara itu, perbedaan yang cukup mencolok terjadi pada biaya yang dibayarkan mahasiswa dibanding tahun sebelumnya. Mahasiswa baru angkatan 53 dari jalur UTMI dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). Besaran biaya tersebut bervariasi menurut fakultas dan program studi mahasiswa. “Biaya BPIF berbeda-beda, ada yang dikenai 17 juta sedangkan Saya dikenai biaya 20 juta”, ujar Putri, mahasiswa baru jalur UTMI Fakultas Kedokteran Hewan. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan memiliki kartu BPJS serta membayarkannya melalui IPB. Selanjutnya, mahasiswa membayar iuran BPJS per enam bulan dengan BPJS golongan II.

Tanda masuk asrama mahasiswa baru sudah dilaksanakan sejak Rabu(17/8) hingga Kamis(18/8). Jadwal ini maju dari jadwal yang seharusnya tanggal 19-22 Agustus. Hal ini ditujukan agar mempermudah penyediaan tempat tinggal bagi mahasiswa baru yang berdomisili di luar wilayah Bogor saat melaksanakan daftar ulang di Graha Widya Wisuda. Putri juga mengaku senang dan bangga bisa lolos seleksi masuk di IPB.

 

Naila S
Tasya C

Ed: Ichwanul AM

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*