Event Update

Cendramata dari Kewirausahaan

Menjelang bergulirnya ujian tengah semester tahun akademik 2012/2013, Rabu (17/10) beberapa kelompok perkuliahan Q TPB IPB mengikuti studium general matakuliah kewirausahaan. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa yang berada di kelompok Q dengan tempat dan pembicara yang berbeda-beda untuk setiap kelompoknya. “Kelas kami QO8 kedatangan Ilyas Arief seorang wirausahawan yang berbisnis lele sangkuriang,” tutur Kresna komti kelas QO8.
“Studium general ini merupakan perkuliahan terakhir bagi mahasiswa TPB IPB, saya berharap dengan adanya studium general ini dapat lebih memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk berwirausaha,” ungkap Dr. Andriyono Kilat Adhi seorang dosen matakuliah Kewirausahaan.
Mengingat matakuliah kewirausahaan tidak menyelenggarakan ujian tengah semester (UTS) sepertihalnya matakuliah yang lain, maka sebagai gantinya setelah mengikuti studium general ini mahasiswa ditugaskan untuk mereview dan meresume hal-hal yang mereka dapatkan dari perkuliahan selama setengah semester ini. “Tugas itu sebagai salahsatu indikator buat saya untuk memberikan nilai selain keaktifan didalam kelas. Dua pekan lalu pun , saya menugaskan mereka untuk observasi lapangan terkait kegiatan kewirausahaan, semoga semua itu menjadi pengalaman ataupun bekal bagi mereka apabila suatu hari nanti mereka   berwirausaha,” tutur Dr. Andriyono.
Beberapa mahasiswa mengungkapkan aspirasi yang postif terkait matakuliah kewirausahaan ini. “Meskipun hanya diselenggarakan selama setengah semester, matakuliah ini benar-benar menginspirasi dan memberikan sesuatu kepada saya, saya bertekad untuk bisa menghasilkan uang sendiri dengan berwirausaha agar tidak terus merepotkan orang tua” jelas Afrian ITP49.
Jiwa wirausaha sepertinya sudah melekat dalam diri mahasiswa TPB IPB berkat diadakannya matakuliah kewirausahaan , hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme beberapa mahasiswa yang mulai berwirausaha kecil-kecilan seperti berdagang donat ataupun snack didalam kelas.
Ari Fauzi Sabani – Reporter Magang

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*