Event Update

Dana Bidik Misi Macet

Dana untuk beasiswa Bidik Misi didapat dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ketika memasuki pergantian tahun anggaran dari Desember ke Januari, maka proses ‘perebusan’ dana di DPR menjadi lebih lama. Hal tersebut juga berimbas kepada dana untuk beasiswa Bidik Misi.
Hal ini meresahkan para mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi, salah satunya Siska Erma Lia (KPM48). “Saya kecewa sekali. Rasanya capek nunggu dana nggak keluar-keluar,” ujarnya.
Pada tahun sebelumnya proses pencairan dana juga mengalami kemacetan selama dua bulan ketika pergantian tahun anggaran. Namun untuk tahun ini IPB merasa kemacetan dana yang berlangsung hingga tiga bulan adalah hal yang berat.
Walaupun demikian, IPB tetap menalangi dana beasiswa selama tiga bulan untuk membantu para mahasiswa yang hanya bisa mengandalkan dana tersebut untuk kehidupan sehari-hari.
Bagi mahasiswa yang merasa belum menerima dana di rekeningnya, Mega Simanjuntak, Kepala Sub Direktorat bagian Kesejahteraan Mahasiswa, meminta kemakluman, “Semua sudah kami transfer minggu lalu. Namun jika ada yang belum menerima harap maklum karena memang butuh proses transfer dari Bank Mandiri ke BNI,”.
Saat ini dana beasiswa dari Ditjen Dikti telah masuk ke DIPA IPB. Ditmawa menunggu surat keputusan (SK) dari rektor, baru bisa mengajukan pencairan dana. Ditmawa mengusahakan agar dana beasiswa Bidik Misi untuk bulan April mendatang keluar tepat waktu.
 Nadia Azka

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*