Event Update

Dimulai Dari Teluk Banten

 Suasana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB cukup ramai. Selain ada resepsi pernikahan, juga jadwal registrasi MPF FPIK, atau yang biasa disebut OMBAK, untuk angkatan 50. Tak ketinggalan sebuah bis biru telah siap terparkir di depan gedung fakultas. Bis kesayangan anak FPIK itu akan mengantar mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) melakukan ekspedisi pertama kami untuk mengungkap kekayaan negeri bahari ini. Dimulai dari Teluk Banten.

Minggu (22/06) Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (HIMITEKA) berangkat menuju Provinsi Banten untuk melaksanakan Ekspedisi Teluk Banten selama sepekan, 23-28 Juni 2014. Sekitar dua puluh mahasiswa ITK berangkat melaksanakan ekspedisi tersebut dengan perlengkapan setiap lab yang ada di departemen ITK, yaitu Oseanografi, Akustik Instrumentasi Kelautan, GIS, dan Hidrobiologi. Di sana kami akan menerapkan bidang keilmuan kami dari setiap lab tersebut untuk mendapatkan data yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat.
Menempuh sekitar enam jam perjalanan akhirnya tiba di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Karangantu Serang, tempat kami menginap seminggu ke depan. Penyambutan dilaksanakan sederhana oleh tuan rumah dan dihadiri perwakilan Pemerintah Kabupaten Serang. Kami sangat terkesan dengan pihak STP yang begitu hangat menerima kami dengan fasilitas yang sederhana namun cukup memadai juga  Taruna dan Taruni yang ramah dan sopan. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Serang khususnya bagian Eksplorasi dan Pulau-Pulau Kecil.

   
Setelah acara penyambutan, dilanjutkan briefing untuk Ekspedisi hari pertama menuju Pulau Tunda. Ekspedisi Teluk Banten ini akan dilaksanakan di tujuh pulau, yaitu Pamujan Besar, Pamujan Kecil, Lima, Pisang, Kubur, Tunda, dan Panjang. Setiap peserta ekspedisi bertugas mengambil data sesuai dengan timnya masing-masing, yaitu Pemetaan, Akustik, Ose, Mangrove-Lamun, dan Scientific Diving. Tak terasa malam semakin larut dan briefing ditutup dengan doa agar Ekspedisi Teluk Banten ini berjalan lancar dan mendapat hasil yang bermanfaat. ITK YES!

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*