Event Update

Donor Darah, Turunkan Resiko Penyakit Jantung


Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit 1 Institut Pertanian Bogor (KSR PMI Unit 1 IPB), sukses menyelenggarakan kegiatan donor darah yang berlangsung selama tiga hari (19-21/11) di Koridor Tanah, Fakultas Pertanian IPB. Selain mendonorkan darah, mahasiswa pun diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, baik kulit, mata, ataupun gigi secara gratis.

“Kegiatan donor darah ini, kami adakan setiap tahunnya. Untuk kesempatan kali ini, kami bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) dari Kabupaten Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur”, tutur Rinanda Putri selaku ketua pelaksana. Persediaan darah yang kurang, melatarbelakangi KSR PMI UNIT 1 IPB dalam penyelenggaraan donor darah. Harapannya, mahasiswa dapat berpartisipasi mendonorkan darah sebagai salah satu bentuk rasa kepeduliaan terhadap sesama, tambah Rinanda.

Adapun manfaat dari donor darah adalah berbagi kehidupan dengan orang lain, meningkatkan kualitas dan vitalitas hidup, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, dan mengetahui status kesehatan secara gratis. Secara teknis, pendonor harus melakukan beberapa pemeriksaan yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah, diantaranya berat badan, tekanan darah, hemoglobin.

“Meskipun banyak darah yang didonorkan, namun tidak semua darah memenuhi syarat. Sehingga perlu diperiksa kembali di laboratorium untuk memastikan darah yang akan digunakan itu terbebas dari penyakit HIV, Sipilis, Hepatitis B dan C,” terang Dr. William, salah seorang Dokter dari UDD Kota Sukabumi.

Dari hasil kegiatan ini, telah terkumpul 208 kantung darah (UDD Kab. Sukabumi), 66 kantung darah (UDD Kab. Bogor), 76 kantung darah (UDD Kota Sukabumi), dan 81 kantung darah (UDD Kab. Cianjur).

Oleh Neneng Murnasih / Koran Kampus IPB

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*