Event Update

Dua Prodi Baru, Satu Pintu UTM

Tidak mengurangi kuota SNMPTN 2016, IPB tetap menerima mahasiswa baru sebanyak 60% lewat jalur SNMPTN 2016. Tahun 2016 ini Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima 2377 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).  Sementara itu, kuota SBMPTN tahun 2016 ini juga tetap sebesar 30%. Sisanya kuota sebesar 10% akan disebar pada jalur Ujian Tulis Mandiri (UTM), Afirmasi, dan Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

“Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, partisipasi pendaftar SNMPTN IPB 2016 meningkat. Jurusan Sekolah Bisnis masuk dalam 10 besar jurusan yang diminati. Serta persebaran wilayah yang mendaftar merata dengan 70% Jawa dan 30% luar Jawa,” ungkap  Prof.Dr.Ir. Yonny Koesmaryono , M.S, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

UTM

Suasana Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB (dok. Admisi IPB)

Terhitung tahun ajaran 2016/2017, IPB membuka dua Program Studi (Prodi) baru, yaitu Aktuaria dan Teknologi Hasil Ternak (THT). Pembukaan prodi Aktuaria dilatar belakangi oleh mandat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Profesi aktuaris dibutuhkan secara nasional karena memiliki kemapuan dalam menganalisis bidang statistik, ekonomi, dan matematik. Sedangkan THT sendiri dibuka dilatar belakangi analisis kebutuhan dan spesifikasi program.

Masing-masing prodi tersebut memiliki daya tampung sebanyak 40 orang. Khusus tahun ini jalur masuk untuk prodi baru hanya melalui Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB. Selain munculnya jurusan baru, angkatan 53 IPB juga tidak merasakan matrikulasi disebabkan adanya perbaikan gedung asrama sesuai dengan rencana pembangunan IPB.

Ratna Puspita Haryati

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*