Event Update

Eco-Tuesday, Langkah Pengurangan Penggunaan Plastik

Unit Kegiatan Mahasiswa Agreemove bersama Alumni IPB melakukan Launching Eco-Tuesday sebagai langkah pengurangan penggunaan sampah plastik di IPB (21/02). Mengingat menurut data statistik 2015, Indonesia menjadi peringkat kedua di dunia dalam penghasil sampah plastik sebanyak 187,2 ton . Banyak hal yang harus dilakukan oleh masyarakat sebagai langkah dalam menangani pengurangan sampah plastik.

(Kegiatan Launching Eco-Tuesday untuk kepedulian lingkungan. Foto oleh : Ulfah Dwi Kurniawati)

(Kegiatan Launching Eco-Tuesday untuk kepedulian lingkungan.
Foto oleh : Ulfah Dwi Kurniawati)

“Ecobag menjadi substitusi paling cocok karena ecobag tidak mungkin dibuang, bisa digunakan lagi”, kata M.Saif Nurrohman Ketua UKM Agreemove.
Eco-Tuesday ini sebelumnya bernama Selasih (Selasa Bersih) yang diusung pertama kali oleh KSBERIMAN (Keluarga Sehat, Bersih, dan Aman IPB). Tahun 2016 ini, KSBERIMAN dipimpin oleh Pembina UKM Agreemove sehingga diteruskan oleh UKM ini. Kegiatan Launching Eco-Tuesday dihadiri oleh Forum Lingkungan IPB, Alumni IPB, KSBERIMAN, AYNA (ASEAN Youth Networking of Agricultural), dan Hello Green Community.
Rangkaian kegiatan dalam Launching Eco-Tuesday ini terdiri dari Talkshow tentang pengurangan plastik, aksi penukaran botol bekas dengan Eco-Kit (ecobag, kalender lingkungan, dan sticker), dan aksi bermain dengan anak-anak dalam pengajaran peduli lingkungan. Program ini akan dilakukan setiap hari Selasa dengan aksi menyuarakan kurangi plastik serta gerakan menggunakan ecobag.

fe1cc48b-6c2b-4eca-b62e-50e27f950495

(Aksi pembuatan kerajinan dengan tutup botol bekas bersama anak-anak Sekolah Dasar Foto oleh : Ulfah Dwi Kurniawati)

 

“Kegiatan ini bagus untuk anak-anak karena dapat meningkatkan kreatifitas dan rasa peduli lingkungan”, ungkap Rita, sambut seorang peserta Launching Eco-Tuesday dari SD MIIT Ibnu Akil Ciomas.

Ratna P

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*