Event Update

ELEH, Mempersingkat Waktu Panen Selada

Institut Pertanian Bogor (IPB) dikenal sebagai kampus inovasi, salah satunya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Maulana Syafiq Kurniawan, seorang mahasiswa IPB departemen Teknik Mesin dan Biosistem bersama 3 temannya menciptakan alat Ergonomic lettuce harester “ELEH” yang berfungsi sebagai alat pemanen selada melalui PKM.

Tanaman selada (Lactuca sativa) merupakan tanaman hortikultura yang memiliki prospek dan nilai komersial yang cukup baik, bertambahnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai gizi membuat permintaan terhadap selada naik. Selada di Indonesia masih ditanam dengan media berupa tanah, sehingga pemanenan selada menggunakan cara konvensional, yaitu dengan memotong bagian batang di bawah daun pertama atau dengan mencabut tanaman berikut akarnya. Cara pemanenan ini memerlukan waktu yang relatif lama.

 

ELEH pemotong tanaman selada saat panen (Foto oleh : tim PKM ELEH)

ELEH pemotong tanaman selada saat panen (Foto oleh : tim PKM ELEH)

ELEH dapat menjadi solusi tepat bagi para petani selada, pemanenan selada dengan ELEH dapat mempersingkat waktu pemanenan sebesar 28.21 detik dan efektifitas sebesar 810 kg/jam tanpa mengurangi kualitas selada. Desain ELEH mirip seperti pemotong rumput tipe dorong, dilengkapi dengan pisau rotary cutter yang dapat di atur menggunakan tuas pengatur putaran mesin dengan range kecepatan putar 100-500 rpm.

 

Perkembangan mesin ELEH telah mencapai 70% dan memerlukan perbaikan berdasarkan hasil uji alat sebelumnya.
Kepedulian Maulana dan timnya terhadap pertanian Indonesia menjadi salah satu alasan terciptanya ELEH.
“Terlepas dari kegiatan PKM, harapannya alat panen selada ini dikembangkan dan disempurnakan lagi untuk diaplikasikan dan bermanfaat bagi para petani selada di Indonesia” ujar Maulana.

 

Karina Rahmi Maulidya
Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*