Event Update

Foodival, Adu Inovasi Pangan Lokal

Foodival (Food Day Festival) 2013 adalah acara yang diadakan oleh HIMITEPA (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan) IPB selama bulan Mei hingga Oktober 2013. Rangkaian acaranya adalah NSPC (National Student Paper Competition), Seminar Nasional, dan Food Expo. Walaupun bertajuk “Food Day”, rangkaian acara ini tidak dilaksanakan dalam satu hari. 
Pembagian hadiah kepada para pemenang NSPC 2013
(foto: Naufal Imam / Koran Kampus) 

NSPC adalah acara pertama, berlangsung dari Mei hingga 29 September 2013, bertepatan dengan diadakannya Seminar Nasional. Seperti namanya, NSPC ini adalah kompetisi membuat paper (PKM) yang diharapkan mahasiswa (D3 dan S1) se-Nusantara berpartisipasi di dalamnya. Tidak seperti PIMNAS yang cakupannya luas dan banyak tema, NSPC bertema Empowerment of Indonesian Indigenous Product as Functional Food, intinya meningkatkan produk makanan lokal Indonesia secara fungsional. NSPC ini mengajak mahasiswa agar lebih peka terhadap isu dan perkembangan dalam ilmu dan teknologi pangan. 

Rentang dari pendaftaran kompetisi sampai pengumpulan paper adalah 5 bulan. Pemenang diumumkan di Seminar Nasional pada tanggal 29 September 2013 lalu. Terpilih 7 paper terbaik, yang terdiri dari tim Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Katolik Widya Mandala (Surabaya), dan 3 tim Institut Pertanian Bogor. Para juri merupakan anggota dari Indonesian Food Technologist Association, pemenang BASF Newtrition Asia Research Grant dan ahli nutrisi dan ilmu kesehatan dari PT Nutrifood Indonesia. Juara diumumkan di akhir acara Seminar Nasional dengan juara pertama adalah tim dari Universitas Katolik Widya Mandala.

Nahdah Sholihah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*