Event Update

Germapasi: Lestarikan Ekosistem Danau Perikanan

Situ Perikanan

Situ Perikanan IPB (Foto: Hanifah)

Gerakan Mahasiswa Penyelemat Situ Perikanan (Germapasi) diinisasi oleh lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) untuk menjaga kelestarian ekosistem di Danau Perikanan IPB. Ialah Ihsan (MSP), Niki (THP), Afat (THP), Sentot (THP), dan Imam (PSP) yang menginisiasi gerakan ini melalui aksi bersih Danau Perikanan pada Sabtu (16/4). Bekerjasama dengan BEM FPIK dan seluruh Himpunan Mahasiswa di FPIK, Germapasi diharapkan dapat menjaga biodiversitas kampus, khususnya pada Danau Perikanan IPB.

Sebelum menyelenggarakan kegiatan aksi bersih di Danau Perikanan, Germapasi telah melakukan pengkajian terhadap tanaman air yang menutupi permukaan danau ini. Melalui hasil pengkajian terebut, didapatkan bahwa tanaman air yang menutupi permukaan Danau Perikanan adalah Kiambang ( Salvina molesta). Tanaman ini menyebabkan terganggunya kehidupan biota lain di Danau Perikanan. Kiambang yang telah mendominasi separuh dari Danau Perikanan ini menyebabkan penurunan jarak pandang bagi biota yang hidup di dalamnya. Begitu juga bagi burung yang hendak memakan ikan di danau ini. Oleh sebab itu, keberadaan Kiambang perlu diminimalisir agar tercipta keseimbangan kehidupan biota pada danau yang juga dikenal sebagai Danau LSI ini.

 

Kegiatan Germapasi, Sabtu 16 April 2016 (Hanifah)

Kegiatan Germapasi, Sabtu 16 April 2016 (Foto: Hanifah)

Pembersihan kiambang dari Situ Perikanan IPB (Hanifah)

Pembersihan kiambang dari Situ Perikanan IPB (Foto: Hanifah)

Kiambang dimanfaatkan sebagai pupuk untuk pepohonan sekitar Situ Perikanan IPB (Hanifoh)

Kiambang dimanfaatkan sebagai pupuk untuk pepohonan sekitar Situ Perikanan IPB (Foto: Hanifah)

“Sumberdaya yang ada tidak sesuai dengan yang ditargetkan. Harapannya sumberdaya untuk membantu kegiatan ini bisa lebih banyak lagi, agar bisa berkelanjutan” tutur salah satu inisiator Germapasi, Ihsan, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan.

Aksi bersih yang dilakukan oleh Germapasi didukung oleh Biro Umum IPB melalui pemberian alat-alat kebersihan. Aksi ini diawali dengan menggiring Kiambang ke tepi danau menggunakan bambu. Kemudian, Kiambang akan diangkut menggunakan jaring-jaring. Sepanjang Danau Perikanan dari belakang Gedung Rektorat hingga Gedung FPIK menjadi lokasi kegiatan Germapasi dalam meminimalisir keberadaan Kiambang.

 

Hanifah Husein

Editor: Melati Fadla

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*