Event Update

Ikrom Mustofa, Sang Penyabet Mahasiswa Berprestasi Nasional

Ikrom Mustofa

Ikrom Mustofa

Ikrom Mustofa, mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB, meraih posisi runner up di ajang Mahasiswa Berprestasi Nasional 2015 pada tanggal 28 Juni – 1 Juli 2015 di Hotel Santika Premiere Malang. Mahasiswa asal Pelalawan Riau ini mengaku sangat senang dan bersyukur akan capaian yang telah ia lalui. Lawan yang tak kalah hebat dan persaingan yang ketat mampu ia lalui dengan persiapan 4 bulan.

Setelah ia menjadi mahasiswa berprestasi di IPB, ia sempat merasa ‘minder’ mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi nasional karena melihat performa perwakilan tiap kampus di Indonesia yang sangat prima apalagi setelah lolos tahap 15 besar. Tahapan yang harus dilalui oleh kelimabelas finalis yaitu tes psikologi, presentasi karya ilmiah, presentasi karya unggulan, dan kemampuan Bahasa Inggris.

“Tahapan paling sulit yaitu karya tulis ilmiah, karena selain proporsi nilai paling tinggi, juga jurinya yang paling banyak,” ungkap Ikrom.

Ikrom memang telah mendapat banyak prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Dari berbagai prestasi yang diraih, salah satunya ialah sebagai delegasi terpilih dalam 4th Asia Pacific Climate Change Adaptation Forum 2014 di Kuala Lumpur, Malaysia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Malaysia dan PBB. Selain itu, dengan hobi menulisnya sejak Sekolah Dasar, peraih runner up Mahasiswa Berprestasi Nasional ini telah merilis sebuah buku yang berjudul Sebuah Warna pada pertengahan tahun 2014 dan akan merilis buku serta novel selanjutnya.

“Jadilah mahasiswa yang tidak hanya mengedepankan nilai akademik, namun harus diimbangi oleh organisasi yang baik, prestasi yang baik, dan hubungan dengan orang lain maupun dengan Tuhan yang baik pula,” saran Ikrom.

Chaerunnisa

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*