Event Update

IMASIKA: Bahas Advanced Material dalam SENSITIF 2015

Sensitif "Seminar Nasional Kimia Aplikatif"

Sensitif “Seminar Nasional Kimia Aplikatif” 2015

Ikatan Mahasiswa Kimia IPB (IMASIKA) akan menggelar acara Seminar Nasional Kimia Aplikatif tahun 2015 pada tanggal 17 Oktober 2015 di Auditorium Toyyib Hadiwidjaja. Seminar ini mengangkat tema “Advanced Materials sebagai Obyek Mutakhir bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, di mana advanced material (material maju) atau sering disebut juga dengan material baru merupakan jenis material yang sedang booming dalam riset-riset mancanegara pada abad ini.

Material yang dianggap populer ini berupa material baru yang sebelumnya belum pernah ditemukan dan material lama yang baru-baru ini diketahui sifat-sifatnya. Seperti halnya besi amorf, keramik oksida, polimer, komposit, dan katalis.

Bertujuan memberikan wawasan lebih kepada para peserta acara seminar mengenai isu-isu riset terkini, IMASIKA mengundang Dr. Nurul Taufikurahman sebagai pembina dan peneliti di Nanocenter Indonesia dan penerima Habibie Award di bidang teknologi menjadi pembicara yang tentunya ditunggu oleh banyak kalangan pelajar, mahasiswa, dan peniliti lain. Selain itu, salah satu dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Dr. drh. Denny, yang memanfaatkan material tertentu di bidang implantasi kedokteran hewan juga menjadi pembicara yang tak kalah ditunggu.

“Seminar ini juga bertujuan untuk media publikasi bagi mahasiswa, peneliti, akademisi, atau pihak lain yang hendak mempublikasikan karya atau hasil risetnya dalam bentuk call for paper. Selain mendapat kesempatan untuk presentasi, hasilnya pun akan dimuat dalam prosiding,” ujar Fakhrullah Fadli, Ketua Pelaksana SENSITIF 2015. Tentunya tidak hanya seminar tingkat nasional saja yang akan digelar, lomba membuat paper dan poster akan diadakan dalam acara ini.

Lomba paper yang dikompetisikan memiliki tema yang sama dengan acara tersebut. Lomba ini dapat diikuti oleh mahasiswa, peneliti, akademisi, atau pihak lain yang ingin mempublikasikan hasil risetnya. Paper yang lolos akan diterbitkan dalam bentuk prosiding dan 9 terbaik akan diberi hak untuk dipresentasikan dalam seminar. Sedangkan lomba poster dibuat untuk semua kalangan termasuk SMA/SMK, mahasiswa, dan yang lainnya. Pendaftaran dan persyaratan dapat diakses melalui website www.sensitifipb.org.

Chaerunnisa

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*