Event Update

IPB Mengajar Kembali Bina SDN Cisarua 01

p

IPB mengajar merupakan organisasi sosial pendidikan dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB yang berdedikasi dalam membangun kualitas pendidikan di daerah terpencil melalui kegiatan mengajar. IPB mengajar telah membina SDN Cisarua 01, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor sejak tahun 2014 dan tahun ini kembali membina SDN Cisarua 01 selama 3 minggu, pada tanggal 27 Juli – 20 Agustus 2015 serta berencana untuk membina kembali SDN Cisarua 01 selama 5 tahun kedepan.

“Banyak aspek yang kita nilai sampai tujuan tercapai hingga akhirnya nanti kita bisa meninggalkan sekolah tersebut”. Ujar Fatma Nurkhaerani, Ketua IPB Mengajar. Berbagai kegiatan runtin yang dilakukan IPB Mengajar di sana antara lain Education Weeks in School (Edelweis) yang dilaksanakan bersamaan dengan sistem mengajar dengan media pembelajaran kreatif. Setiap sore anak-anak pergi kerumah pengajar untuk belajar secara non formal. Sehingga, siswa yang merasa kurang mengerti dengan pelajaran di sekolah dapat memantapkan pelajarannya di rumah pengajar. Selain itu, ada pula Farm On School yaitu menerapkan pertanian terpadu di sekolah binaan melalui metode penanaman sederhana dan pemeliharaan tanaman yang dilaksanakan kurang lebih 3 kali dalam seminggu.

Selain itu ada juga Forum Guru dan Parenting Class yang ditujukan kepada guru dan orang tua siswa-siswi SDN Cisarua 01 yang bekerjasama dengan Sekolah Guru Indonesia (SGI) dari Dompet Dhuafa untuk membantu guru agar lebih semangat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memahami cara menerapkan pendidikan karakter pada siswa SD dan bagi orangtua agar dapat memahami karakteristik serta cara belajar anak. Melalui forum ini para guru dan orangtua dapat memahami masalah yang dihadapi anak dan bagaimana cara mengatasinya.

o

Dalam waktu dekat, IPB mengajar akan mengadakan kegiatan Diskusi Pendidikan 2015 yang akan mengundang komunitas pendidikan se-Bogor dan beberapa guru. Acara tersebut akan diisi oleh Candra Budiman, SP, MSi (Dosen Faperta IPB), Amanda Putri Witdarmoro (Duta Pendidikan), serta Perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bidang pendidikan dasar. Kegiatan yang mengangkat tema “Pertanian kreatif untuk sekolah dasar” ini akan dilangsungkan pada tanggal 20 september 2015 di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Nisa Hasaningtyas.

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*