Event Update

IPB Raih Juara Umum Pimnas

IPB meraih juara umum ke- 4 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan di Universitas Diponegoro Semarang pada 25 – 29 Agustus 2014 lalu. IPB juga membawa pulang 6 emas, 5 perak serta 2 perunggu.

Juara umum pertama diraih oleh Universitas Gajah Mada yang mendapat 10 medali emas dari 61 tim PKM yang lolos. Juara kedua diraih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dengan meraih 5 emas dari 60 tim yang lolos. Brawijaya menduduki juara ketiga dan membawa 4 medali emas dari 49 tim yang lolos. IPB menempati peringkat empat dan berhasil mendapat 2 emas dibidang PKM kewirausahaan dari 23 tim yang lolos. Kemudian disusul oleh Universitas Airlangga , Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Negeri Malang, Universitas Diponegoro berada diperingkat kedelapan, disusul Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan pada peringkat kesepuluh Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, IPB mengalami peningkatan dari tahun ke tahun hanya saja PKM bidang kewirausahaan mengalami penurunan.

“Walaupun PKM bidang kewirausahaan mengalami penurunan, sebenarnya IPB disebut- sebut sebagai perguruan tinggi yang berprestasi di bidang kewirausahaan. Karena tahun ini justru meraih kedua medali emas dari bidang kewirausahaaan, Artinya kita mampu dan harapan kita PKM kewirausahaan menjadi salah satu peranan dari FEM ” kata Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.Agr selaku Kepala Sub Direktorat Minat Bakat Kemahasiswaan IPB.

IPB juga berhasil mengambil tempat ITS yang merajai lomba poster tahun sebelumnya dan mendapat 4 medali emas.

Pada tahun 2013 IPB mengajukan 790 proposal kemudian 351 berhasil didanai dan 16 tim berhasil lolos PIMNAS dan mendapatkan 1 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.. Sedangkan pada tahun 2014 meningkat menjadi 931 proposal, yang didanai 355 dan yang berhasil lolos pimnas 21 tim.

Tahun lalu IPB menempati urutan ke 5 namun belum dapat menggeser 3 universitas diatasnya.

Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*