Event Update

Keanekaragaman Hayati di Kampus Biodiversitas


            Kampus IPB Dramaga Bogor memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. “Keanekaragaman hayati di kampus IPB ini memang banyak. Kami punya datanya, sehingga kami berani menyebut IPB sebagai kampus biodiversitas,” ujar Muhammad Fahmi Permana (KSHE 47), Ketua Kelompok Pemerhati Burung Himakova.
Menurut data dari Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata (Himakova) IPB, sampai saat ini terdapat 22 jenis mamalia, 55 jenis burung, 52 jenis herpetofauna, 52 jenis kupu-kupu, dan lebih dari seratus jenis flora di kampus IPB Dramaga.
            Himakova yang terbagi menjadi kelompok pemerhati mamalia, kelompok pemerhati burung, kelompok pemerhati herpetofauna, kelompok pemerhati kupu-kupu, dan kelompok pemerhati flora ini setiap tahunnya selalu mengadakan monitoring rutin sehingga data mengenai biodiversitas di kampus IPB Dramaga selalu dapat diperbarui. Lokasi pengamatan tersebar di seluruh wilayah IPB Dramaga, dikarenakan mobilitas satwa, terutama burung, yang tinggi sehingga tidak mungkin dilakukan pengamatan hanya di satu tempat. 
Nur Azizah Rizki A (Magang Korpus)

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*