Event Update

Konsumsi Obat Berlebih Picu Senna Alami Hepatitis Obat (Drug induced Hepatitis)

Pengobatan Tuberculosis (TBC) yang dikonsumsi secara rutin oleh mahasiswa Manajemen Hutan IPB, Senna Desvia Hutapea membuatnya terdiagnosa hepatitis obat. Senna yang sempat mengalami perawatan intensif di Rumah Sakit Karya Bakti Bogor, meninggal dunia pada Senin (7/12) di Langkat, Medan.

Mahasiswa Manajemen Hutan 49 IPB yang diduga meninggal karena menderita penyakit Hepatitis B ini memang terdiagnosa TBC. Hal ini diakui oleh teman kosannya, Maya Rumanty Hutagalung Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata 48 IPB bahwa Senna terdiagnosa menderita TBC sejak bulan Oktober 2015.

“Senna sudah menunjukan gejala batuk-batuk sejak semester 6 tepatnya ketika Praktik Hasil Pengolahan Hutan (P2H)” tutur Muhammad Arief, ketua angkatan Manajemen Hutan IPB.

Maya menuturkan bahwa Senna mengalami penurunan nafsu makan, sehingga menimbulkan berbagai gejala penyakit lain selain TBC. Indikasi campak yang timbul dari efek samping obat TBC juga menyerang tubuhnya, sehingga ia memutuskan untuk berobat ke klinik dr. Katili. “Saat ini dokter hanya mengatakan bahwa ia terserang virus dan diberi obat alergi” terang Maya.

Maya memaparkan bahwa Senna kembali konsultasi kepada dokter TBC di RS Karya Bakti, kemudian dokter menyatakan penyakit campak yang menginfeksinya merupakan efek dari obat TBC yang keras karena kondisi Senna yang tidak nafsu makan, tetapi Ia tidak memberitahu dokter yang menangani penyakit TBC tersebut bahwa sebelumnya Ia sudah berobat di klinik dr. Katili.

“tanggal 21 November Senna dilarikan ke RS Karya Bakti karena tidak bisa menerima asupan makanan. Setelah dua hari dirawat, dokter menyatakan Senna menderita penyakit Hepatitis obat” tutur Maya. Ia mengatakan untuk sementara waktu konsumsi obat TBC dihentikan terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk mengatasi hati Senna yang sudah bengkak.

“efek samping dari obat TBC yang memiliki sifat hepatotoksik (merusak organ hati) dapat berakibat pada penyakit Drug Induced hepatitis atau yang sering disebut dengan hepatitis obat” tutur dr.Naufal Muharam Nurdin, S.Ked M.Si, dosen Gizi Masyarakat IPB

Sifa Fauziah Ganda S

Editor : Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. Bro punten,, ini berita lama , baru di post?? Kita ipb banyak berita heboh, kalian ga liput/tulis?? Smoga lbh update,aktual lg.. slmt berkarya lewat jurnalistiknya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*