Event Update

Lautan dan Ilmuku Ku Persembahkan untuk Bangsa dan Negeriku

Terhitung sudah tujuh malam kami  menginap di sini, di Sekolah Tinggi Perikanan. Sekolah yang dalam lambangnya tertera tinta hitam pada pita putih, Jalanidhitah Sarva Jivitam mengandung arti “Laut Merupakan Sumber Kehidupan.” Sekolah yang sudah lebih setengah abad mendidik tenaga profesional di bidang perikanan darat dan laut. Sekolah yang memegang semboyan “Lautan dan ilmuku ku persembahkan buat bangsa dan Negeriku.”

Malam terakhir (27/06) merupakan malam yang cukup berkesan bagi kami. Sudah sepekan kami menjalankan ekspedisi, dan itu artinya sudah sepekan kami diterima dengan hangat di sini. Hari-hari sebelumnya hanya sempat bertegur sapa dengan Taruna dan Taruni, karena kami berangkat pagi dan merapat sore sekali. Malam-malam sebelumnya dapat berbincang singkat, karena briefingdan waktunya istirahat. Malam ini kami sama-sama menyempatkan diri untuk saling berbagi ilmu yang sama-sama kami pelajari. Ilmu sumber kehidupan, laut.

Salah satu papan di STP
Bersama Taruna dan Taruni STP yang sedang bertugas.
Acara malam ini nonton bareng di lapangan dengan layar dan kesederhanaan. Kemudian kami menceritakan pengalaman kami selama sepekan menjalankan EKSPEDISI HIMITEKA di Teluk Banten. Kegiatan yang dilakukan, data apa saja yang diambil, dan rencana hasil dari ekspedisi ini. Kami juga membahas kondisi Teluk Banten saat ini yang sudah terasa dampak dari eksploitasi dan potensi yang masih bisa terselamatkan.  Juga saling berbagi seputar kampus masing-masing. Secara umum ilmu yang kami pelajari di FPIK IPB sama dengan yang diajarkan di STP.
Suasana sharing dengan mahasiswa STP
Penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Margono, pembina di STP.
Esok pagi kami harus kembali ke kampus tercinta bumi Dramaga. Ekspedisi belum berakhir sepenuhnya, masih banyak yang harus di selesaikan ketika tiba di Bogor. Tentu banyak bantuan dan dukungan sehingga ekspedisi ini dapat berjalan sehingga kami ucapkan banyak terima kasih. Terutama dukungan dari pemerintah Kabupaten Serang khususnya Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Serang. Bagian Administrasi Pendidikan dan Pelatihan Lapangan Sekolah Tinggi Perikanan atas fasilitas yang diberikan. Tak lupa kepada Dosen-Dosen kami atas ilmunya yang sangat bermanfaat, masukan dan kontribusi senior-senior di ITK, serta rekan-rekan himpunan atas dukungan dan doanya.
   
Bersama Ibu Mumun dari DKP Kabupaten Serang.


Tonggak pertama EKSPEDISI HIMITEKA pun telah diletakkan di Teluk Banten. Langkah demi langkah kami tatih dan raih bersama. Menyelami, menjelajahi, dan mengarungi negeri yang penuh potensi. Semoga bendera HIMITEKA dapat berkibar di seluruh perairan Indonesia. Mengungkap potensi negeri bahari.

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*