Lestarikan Seni Tradisi Sunda, Lises Gentra Kaheman Adakan Pagelaran Gratis

Sumber: Puput Lestari

Lises Gentra Kaheman bersama Pamong Budaya Bogor (PBB) menggelar pagelaran Ki Sunda Midang bertema “Kareteg hate dina manah, ngaraksa seni tradisi” dengan judul “Cidaatma” di Lapangan Rektorat IPB (24/11). Pagelaran ini terbuka untuk umum dan bebas biaya.

Selain bekerja sama dengan PBB, Lises Gentra Kaheman juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, dan Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB).

Dewi Nur Wulandari, Kepala Produksi Pagelaran menuturkan bahwa tujuan pagelaran ini adalah memperkenalkan dan melestarikan seni tradisi Sunda. Hal ini sesuai dengan arti tema yang diusung, yaitu ada niat tersirat di hati yang dalam untuk melestarikan seni tradisi.

“Harapan diselenggarakannya pagelaran ini adalah agar ke depannya seni budaya Sunda tidak mati. Masyarakat sadar tentang budaya Indonesia yang beragam dan berupaya untuk melestarikannya,” ujar Dewi.

Pagelaran tersebut menceritakan tentang semangat Jayasasana dalam menyebarkan agama Islam di Cianjur tanpa meninggalkan tradisi lokal yang sudah ada. Walaupun banyak pertentangan, ia dapat membangun peradaban yang lebih baik dengan agama Islam.

Ed: Alferdian A

Puput Lestari

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.