Event Update

Magnifica : Anak Baru Tetap Tampil Luar Biasa

‘Ondel-ondel’ berjalan linglung mengelilingi panggung. Sorakan dan gurauan menertawakan lucu. Iringan lantunan lagu ‘ondel-ondel’ dinyanyikan bersama jalannya drama kecil tersebut. Tepuk tangan menggemakan Auditorium Toyib Handawijaya setelahnya. Demikian end core atau penampilan penutup yang dibawakan Agria Swara pada konser Magnifica, Sabtu (23/3) malam.

Satu persatu lagu dilantunkan dengan apik oleh para performance. Dikomandoi oleh konduktor Cicilia Cornelia Putri dan Rini Levana, anggota baru Agria Swara ini menyanyikan berbagai macam lagu dari dalam dan luar negeri. Lantunan Luci Serene e Chiare dari Claudio Monteveral (1567-1643) dilantunkan sebagai lagu pembuka. Dilanjutkan dengan The Mavis-nya Henry Purcell (1659-1695). Lantunan aransemen juga tak ketinggalan. Lagu Funiculi Funicula, Darven Dalai, Pemuda, Somewhere Over The Rainbow, dan Naik Delman berhasil ditampilkan dalam bentuk aransemennya. Lantuan ini semakin apik dengan iringan pianis Ario Bagaswara dan Cicilia Cornelia Putri.

Salah seorang guru besar IPB, Prof. Suprihatin yang hadir pada acara tersebut mengaku puas dengan penampilan Agria Swara. Menurut beliau, kekompakan dan kreatifitas dalam menampilkan lagu menjadi daya tarik konser tersebut. “Sangat bagus, ke depan sering ikuti event dan kompetisi,” ujar Prof Suprihatin yang juga orang tua salah satu performance Agria Swara.

Konser Magnifica bertajuk ‘Magnificent Voice of Agria Swara’ merupakan konser pelantikan anggota baru Agria Swara. Sebanyak 65 anggota baru yang mayoritas merupakan mahasiswa tingkat satu berhasil membawakan 15 lagu dalam semalam. Anggota baru ini merupakan hasil seleksi panjang dari 283 calon anggota terdaftar saat Open for Recruitment.

Persiapan konser Magnifica dimulai sejak Oktober 2012. Latihan rutin digelar 3-4 kali seminggu. Latihan ini juga sebagai ajang seleksi calon anggota. Latihan diperbanyak pada saat liburan Ujian Akhir Semester. Performance menjalankan latihan setiap hari hingga hari pelaksanaan digelar. Beban berlipat mereka rasakan karena seluruh persiapan konser juga mereka sendiri yang menjalankan, hanya pada hari pelaksanaan saja kepanitiaan konser dilimpahkan.

Age Baturimba, salah satu Presidium Agria Swara, menunjukkan kebanggaannya kepada angkatan baru Agria Swara ini. Ia menilai bahwa angkatan ini memiliki kekompakan yang tak kaalh dari pendahulunya. Selain itu, angkatan ini memiliki keunggulan di bagian pianis. “Harapanya, mereka tidak hanya sampai disini. Event-event dan kompetisi di depan sangat sayang jika dilewatkan,” ujarnya.

Pada penutup acara, juga diumumkan suara terbaik di masing-masing jenis. Sopran terbaik dianugrahkan kepada Inna Rahmawati. Alto terbaik diisi oleh Virgi Rya Anggraini. Tenor terbaik diraih oleh Nur Zaman. Bass terbaik diberikan kepada Rafael Septiana. Hadiah untuk suara terbaik ini langsung diberikan oleh orang tua mereka masing-masing.**

Daftar Lagu Konser Magnifica

-Luci Serene e Chiare Claudio Monteveral
-The Mavis Henry Purcell
-Weep O Mine Eyes John Bennet
-No No Nigella Thomas Marley
-Bist Du Bei Mir Johan Sebastian Bach
-Der Tanz Franz Schubert
-Funiculi Funicula Arr. Sudjoko
-Seperti Kandil Menyuluh Belantara Pontas Purba
-Listen To The Rain Amy Lee
-Dorven Dalai Arr Yongrub
-Pemuda Arr Tonny S
-Somewhere Over The Rainbow Arr Vivian Tabbush
-Naik Delman Arr Sudjoko
-Tea For Two Irving Caesar

Farid Farochi

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*