Event Update

Mahasiswa Ekonomi Syariah Kini Punya Himpro

Sharia Economics Student Cub (SES-C) ditetapkan menjadi Lembaga Kemahasiswaan (LK) berupa Himpunan Profesi (Himpro) bagi mahasiswa Ekonomi Syariah (Eksyar) FEM IPB. Penetapan tersebut sesuai keputusan Sidang Istimewa yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEM IPB pada Jumat, (19/12). 

“Perubahan SES-C dari Lembaga Struktural (LS-red) menjadi LK didasari oleh desakan dari dekanat FEM dan seluruh mahasiswa Eksyar agar SEC-S dapat menjadi wadah sebagai LK untuk mengayomi mahasiswa Eksyar dari segi akademik maupun non akademik ,“ jelas Shofwan, ketua SES-C periode 2014-2015. 
 
Walaupun telah memenuhi syarat yang diberikan oleh tim Pansus dan DPM FEM IPB untuk manjadi LK, SES-C harus segera merevisi AD/ART terkait keanggotaan. SEC-S yang sebelum ditetapkan menjadi Himpro Eksyar memiliki anggota mahasiswa non-Eksyar. Padahal, Himpro merupakan lembaga kemahasiswaan yang hanya terbuka bagi mahasiswa program studi (prodi) tersebut.
Salah satu mahasiswa umum FEM angkatan 48 berpendapat bahwa dalam UU KM IPB mengenai Himpro tidak disebutkan secara khusus bahwa mahasiswa non-prodi dilarang menjadi bagian dari Himpro prodi yang bersangkutan. Mahasiswa non-prodi dapat saja menjadi anggota luar biasa (anggota khusus) Himpro.
 
Shofwan menambahkan bahwa dalam wawancara open recruitment yang telah dilakukan oleh SES-C, ditemukan banyak mahasiswa non-Eksyar yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai ilmu ekonomi syariah dan penerapannya. Bahkan seorang mahasiswa FEM non-Eksyar angkatan 49 mengatakan bahwa ia ingin mengadakan riset ke luar negeri terkait dengan ekonomi syariah dan program studinya. Akan tetapi keinginannya yang telah ia paparkan dalam forum Himpro periode lalu tidak mendapat tanggapan.
 
 
Seorang mahasiswa umum FEM angkatan 50 berpendapat bahwa terbukanya SES-C bagi semua mahasiswa FEM IPB dikhawatirkan akan memperbesar peluang mahasiswa non-Eksyar untuk menjadi anggota Himpro ini. Sehingga sebaiknya dibuat persentase maksimum bagi mahasiswa di luar prodi yang berminat untuk bergabung dengan SEC-S agar dominansi tetap dipegang oleh mahasiswa Eksyar.
 
Melati Fadla

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi syariah . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi syariah yang bisa anda kunjungi di klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*