Event Update

Masalah Akademik mencuat dalam KRS Online

Akhir Januari lalu mahasiswa IPB diresahkan oleh berbagai masalah akademik yang berhubungan dengan KRS Online. Mulai dari Indeks Prestasi (IP) yang tidak bisa di akses hingga kuota Supporting Courseyang minus.
Nina, SKPM 48, mengungkapkan kekesalannya. “Hampir mau nangis karena web KRS online selalu not-found, padahal udah dicek berkali-kali,”. Tidak hanya itu, ketika Nina mengecek IP untuk kedua kalinya, nilai yang tertera lebih rendah dari yang sebelumnya. “Meskipun hanya turun 0.03, itu berharga lho,”
Pihak Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi (DKSI) mengatakan mereka sudah memiliki jumlah server yang cukup. Kesulitan sambungan ke web KRS diakibatkan karena banyaknya mahasiswa yang mengakses situs tersebut di waktu yang sama.
Sementara itu, Ibu Puji Widartono dari pihak Direktorat Administrasi Pendidikan (Dit. AP) menjelaskan bahwa penurunan nilai IP disebabkan oleh ketidaksinkronan antara rumus di KRS dengan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Akademik (SIMAK) IPB.
Beliau menambahkan kegagalan dalam akses oleh beberapa mahasiswa di KRS Online bisa juga disebabkan oleh masalah akademik seperti pernah cuti pada semester sebelumnya. IP juga sengaja tidak ditampilkan pada mahasiswa yang belum melunasi pembayaran akademik.
Masalah minusnya SC disebabkan karena kebanyakan mahasiswa selalu terkonsentrasi pada beberapa matakuliah favorit dari FEM dan FEMA. Isu waiting list SC yang selama ini beredar dibantah tegas oleh pihak Direktorat Akademik dan Prestasi. “Jika sudah tertera bahwa matakuliah tersebut minus, tidak seharusnya mahasiswa tetap memasukkannya.”
Bagi mahasiswa yang tidak mendapat SC dan masih ingin mengambil matakuliah SC yang diinginkan, pihak Direktorat  Akademik dan Prestasi bersedia membantu menghubungi departemen yang bersangkutan. Jika departemen tersebut bersedia membuka kelas baru yang sesuai dengan kuota peminat, maka mahasiswa bisa mengambil kelas tersebut. Untuk meluruskan berbagai masalah yang terjadi, mahasiswa dihimbau untuk langsung menemui pihak Direktorat  Akademik dan Prestasi.
Nadia Azka

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*