Event Update

Menyelami Potensi Teluk Banten

Pukul 07.00 pagi bel berbunyi nyaring. Para Taruna dan Taruni Sekolah Tinggi Perikanan sigap bergegas dengan seragam lengkap dan rapih menuju lapangan apel pagi. Kami pun tim Scientific Diver, tak ketinggalan lengkap dengan peralatan scuba dan siap menuju kapal trip ekspedisi. Menyelami potensi Teluk Banten.

Senin (23/06) hari pertama EKSPEDISI HIMITEKA tim  Scientific Diver menuju Pulau Tunda, salah satu pulau terluar di Teluk Banten. Beranggotakan tujuh mahasiswa ITK yang telah lulus sertifikasi scuba A1 dan telah mengikuti workshop Scientific Diving, akan mengambil data terumbu karang dan ikan karang. Kurang lebih dua jam perjalanan, Pulau Tunda sudah terlihat di depan mata. Kami tentunya tak akan menunda untuk menyelami potensi Pulau Tunda.
Walau tidak semua perairan Pulau Tunda terdapat ekosistem terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya, namun masih menyimpan potensi keindahan bawah laut. Setelah mengelilingi pulau tersebut kami menemukan beberapa lokasi yang cocok untuk melakukan penyelaman. Perairannya yang cukup jernih dan didukung cuaca yang cerah, sehingga kami dapat menyaksikan keindahan bawah laut yang cukup mengagumkan.
Kegiatan mengambil data terumbu karang. (Foto: Nanda)
Salah satu sudut ekosistem di perairan Pulau Tunda (Foto: Jihad)
Pulau selanjutnya pada hari ke dua EKSPEDISI HIMITEKA adalah Pamujan Besar, Pamujan kecil, dan Panjang. Jaraknya lebih dekat dari Pulau Tunda kurang lebih satu jam perjalanan kapal. Destinasi pertama adalah Pulau Pamujan Besar yang tak berpenghuni. Selanjutnya menuju Pulau Pamujan Kecil yang berjarak sekitar sepuluh menit dari Pamujan Besar. Ekosistem terumbu karang kedua pulau tersebut sudah tak sealami Pulau Tunda. Ditambah dengan cuaca mendung yang sebelumnya sempat hujan deras di pagi hari dan perairannya yang keruh.  Terakhir kami menuju Pulau Panjang dan melakukan penyelaman hingga sore hari.  
Seharian penuh melakukan aktivitas penyelaman tentu sangat melelahkan. Tenaga yang terkuras habis kemarin, hari ini, esok, dan hingga berakhir ekspedisi ini tentu akan terbayar lunas dengan hasil yang bermanfaat untuk orang banyak dan pengalaman yang sangat berharga. Masih ada target tiga pulau lagi di hari selanjutnya, yaitu Pulau Lima, Pisang, dan Kubur. Kapal kami kembali menuju pelabuhan membelah laut yang memantulkan cahaya senja merah muda. Suasana seperti inilah yang nantinya akan selalu kami rindukan.

Tim EKSPEDISI HIMITEKA

Sebelumnya:
Dimulai dari Teluk Banten

Selanjutnya:

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*