Event Update

MGS di Bengkulu Disambut Antusias Siswa SD Hingga SMA

Dengan misi mengenalkan lingkungan laut beserta potensinya, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan melaksanakan Kegiatan Marine Goes to School yang dilaksanakan selama bulan Juli hingga September. Pada bulan Juli, pengenalan dilakukan di beberapa daerah  Indonesia, termasuk Bengkulu. Walau berangkat seorang diri, M Khaisu Sabilillah, Kapten HIMITEKA ini sukses menjalankan misi tersebut dengan kegiatan yang sangat berkesan dan sarat nilai-nilai pendidikan.

MGS di Bengkulu bersama siswa SD, SMP, dan SMA.
Kegiatan Marine Goes to School Bengkulu dilakukan di dua kabupaten/kota dan dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 18-20 Juli 2013 di Tais, Kab.Seluma dan Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2013 di Desa Sinar Laut Kab.Mukomuko. Pada sesi pertama, MGS berlangsung selama 3 hari melibatkan SD, SMP, dan SMA. Sosialisasi dilakukan di RSDBI 16 Seluma pada hari Kamis dengan peserta kurang lebih 200 siswa-siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. 
Besarnya rasa ingin tahu mengakibatkan kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan kelas, tepatnya di koridor bermain sekolah yang lumayan luas. Materi yang diberikan pada adik-adik SD ini berupa perkenalan biota-biota lucu yang ada di lautan serta memperkenalkan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sosialisasi yang dilakukan mampu memancing antusias adik-adik untuk mengenal berbagai biota baik melalui slide yang diberikan ataupun video yang ditayangkan. 
Antusias adik-adik SD.
Selanjutnya pada hari Jumat pukul 09.00 WIB, MGS berlangsung di SMPN 05 Seluma. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan siswasiswi kelas 3 dengan tujuan memperkenalkan ekosistem laut yang berlangsung selama satu jam. Kegiatan ini terlaksana berkat bantuan Pembina OSIS dan mahasiswa Universitas Bengkulu jurusan Ilmu Komunikasi.
   Siswa-siswi SMP juga tak kalah antusias dengan siswa SD sebelumnya dalam aktif bertanya dan mengenal lebih dalam tentang kondisi laut dan keindahan yang ada di dalamnya. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan berupa plakat sebagai ucapan terima kasih karena telah mengikuti salah satu rangkaian kegiatan MGS Tour of 2013 di Bengkulu serta foto bersama. Penyerahan kenang-kenangan ini diberikan pada tiap sekolah yang dikunjungi sebagai bentuk keikutsertaan dalam rangkaian kegiatan.

Tampak serius memperhatikan sosialisasi.
Hari terakhir di sesi pertama ini berlangsung di SMAN 01 Seluma. Fokus utama peserta sosialisasi lingkungan laut ini adalah siswa  kelas 3 IPS dan IPA. Sosialisasi yang dilakukan berupa materi pengenalan lingkungan laut, pencemaran, potensi serta biota dilindungi. Biota yang dilindungi pada sosialisasi kali ini berupa pengenalan spesies penyu yang ada di dunia dan Indonesia. Selain itu, para siswa diberikan pengarahan dan penjelasan mengenai jenjang pendidikan ke universitas sehingga mampu membuka wawasan dalam pengembangan Ilmu dan Teknologi Kelautan di Indonesia.

Bersambung ke MGS Bengkulu sesi 2
Ikuti terus perjalanan MGS 2013 di korpusipb.com


M Khaisu Sabilillah (Mariners) /
Jihad

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*