Event Update

Mulai dari Kegemaran, Jadi Juara Membuat Game Se-Indonesia

Berawal dari kegemaran di bidang gambar, design, komik, web, dan bermain game, mahasiswa departemen Ilmu Komputer (Ilkom) angkatan 50 Institut Pertanian Bogor berhasil membuat game yang diberi nama Tree Hero dengan tim Biart Labs. Tim yang terdiri Hana Hanifah, Noer Dzaky Putra Widitama, dan Sigit Prabowo berhasil menjadi juara 3 Jogja Game Session tingkat nasional yang dilaksanakan di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (Himalkom UGM) ini mengangkat tema tentang Pemikiran Masa Depan Alam, Melestarikan Alam, dan Mendekatkan Diri Kepada Alam.

Tree Hero dibuat dengan tujuan untuk meningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga pohon dengan cara yang menghibur. Seperti yang kita ketahui saat ini pembalakan hutan semakin liar dan usaha penghijauan masih sangat minim sehingga keadaan menjadi tidak seimbang. Hana bersama teman-temannya mencoba membuat game play yang menjaga pohon dari serangan, selain itu juga harus bisa menumbuhkan pohon, sehingga pemain terinspirasi untuk menanam pohon walau hanya satu.

“Alur dari game kami adalah Agrimax (karakter yang diperankan pemain) sebagai the last outstanding people yang ditugaskan menjaga sebuah pohon di tanah yang akan dieksekusi untuk dijadikan pabrik. Bisa dibilang, Agrimax itu penyelamat, sehingga kami namakan game ini Tree Hero.” tutur Sigit. Bagi mereka ini merupakan pengalaman yang cukup menarik karena awalnya mereka tidak menyangka bisa berkontribusi di dunia game dan mendapat prestasi.

“Persiapan kami bisa dibilang belum seperti peserta pada umumnya, karena ini adalah pertama kalinya kami memberanikan diri untuk membuat game dan ikut kompetisi. Kami ingin memberitahu semua orang kalau ILKOM IPB itu ada dan bisa berkarya juga.” tambah Sigit.

Nisa Hasaningtyas

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*