OMI 2020 Resmi Diundur, Panitia Adakan Forum Aliansi Fakultas

Beredarnya SK Rektor mengenai kebijakan IPB University dalam menghadapi penyebaran Covid-19 menimbulkan sejumlah polemik. Pembelajaran sistem online yang di rencanakan IPB University mengisyaratkan mahasiswa untuk pulang ke daerahnya masing-masing. Mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kampus untuk mengikuti perkuliahan demi menghindari semakin merebaknya Covid-19. Terkait keputusan tersebut, hampir semua program kerja BEM KM dan ormawa-ormawa IPB University diundur.

“Terkait program kerja yang akan diselenggarakan oleh BEM KM IPB dalam waktu ke depan, saat ini kami sedang mendiskusikan hal tersebut dengan pihak rektorat, khususnya Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa PK). Seluruh BEM Fakultas dan Sekolah, ormawa-ormawa terkait dan juga pihak-pihak eksternal yang telah menjalin kerjasama dengan BEM KM IPB juga akan turut andil dalam diskusi. Kami akan segera mempublikasikan rilis resmi kami terkait dengan pelaksanaan program kerja tersebut”, ungkap Bhirawa Ananditya Wicaksana selaku Presiden Mahasiswa IPB (14/3) melalui channel IG TV BEM KM IPB.

Berdasarkan surat edaran Olahraga Mahasiswa IPB 2020 (OMI 2020) yang ditandatangani oleh Pandu Andhika Prakasa, ketua pelaksana OMI 2020 menyatakan bahwa OMI 2020 yang perencanaannya telah 90% terpaksa diundur. Surat ederan tersebut merupakan hasil forum antara BEM KM IPB bidang Apresiasi dan Olahraga (Apro) dengan Kepala Departemen Olahraga (Kadepor) Fakultas (15/3) terkait beredarnya SK rektor mengenai penyebaran Covid-19. Meski demikian, perlu melibatkan elemen fakultas untuk mendiskusikan kelanjutan dari OMI 2020 termasuk tanggal pelaksanaan dan teknis lainya.

Menurut Pandu, forum aliansi fakultas akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Forum aliansi yang direncanakan tentunya dengan mengumpulkan mahasiswa dalam satu tempat. Meski begitu, panitia OMI 2020 tetap mengutamakan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

“Untuk agenda yang membahas OMI, pasti ada perkumpulan, sebisa mungkin dari panitia hanya akan mengundang yang sekiranya menjadi core dalam bahasan kali ini, mengingat dalam surat edaran aktivitas untuk kumpul massal tidak direkomendasikan,” ungkap Pandu.

Editor : Puput Lestari

Indri Mariska

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.