Optimis Corona Hilang, Genus 2020 Akan Tetap Terlaksana

Pandemi corona yang menimpa Indonesia tidak menyurutkan semangat mahasiswa IPB University untuk tetap mengadakan perhelatan Gebyar Nusantara (Genus) tahun ini. Genus 2020 akan tetap dilaksanakan, mengingat Genus merupakan program kerja Kementerian Seni dan Budaya BEMKM IPB dan biasanya diadakan pada akhir tahun. Tidak menutup kemungkinan bahwa pandemi corona akan hilang sebelum Genus terlaksana sehingga program kerja tersebut dapat terwujud.

Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya, tidak heran bila Indonesia disebut sebagai negara budaya. Gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke terhampar beribu etnis yang beragam. Termasuk IPB University yang mahasiswanya berasal dari Sabang sampai Merauke. Dalam rangka melestarikan kebudayaan Indonesia, IPB University memiliki event tahunan yang diberi nama Gebyar Nusantara (Genus).

Genus merupakan wadah bagi Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) untuk memperkenalkan budaya daerahnya masing-masing. Genus 2020 kali ini dipandu oleh 156 panitia dengan Ketua Pelaksana Mutia Pangestu, mahasiswi Geofisika dan Meteorologi 53 serta akan diikuti oleh 25 Omda. Di tengah kondisi seperti ini, persiapan para panitia tetap berjalan sebagaimana mestinya. Memanfaatkan teknologi, koordinasi antar panitia, Omda, ataupun pihak lain yang bersangkutan dilakukan secara online.

Genus 2020 kali ini mengusung tema Pesona Indah Nusantara dengan tagline #IndonesiaKaya dan #IPBBeragam. Genus tahun ini memiliki susunan acara yang sama seperti Genus tahun-tahun sebelumnya, seperti karnaval budaya, kuliner nusantara, Putra Putri Omda, Icon Costume, Stand kebudayaan, Festival budaya, Festival jajanan, serta Instalasi budaya, Ruang budaya, dan Pagelaran budaya yang menjadi agenda baru di Genus 2020.

“Semoga Genus 2020 dapat terlaksana dengan baik dan tetap bisa menjadi wadah bagi teman-teman Omda khususnya untuk membantu memperkenalkan budaya daerahnya masing-masing mengingat bahwa IPB University merupakan miniaturnya Indonesia yang mahasiswanya berasal dari berbagai daerah. Harapannya Genus bisa dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya sekedar di Bogor saja, dan dapat menggandeng pihak luar untuk bekerjasama dengan Genus 2020. Teruntuk panitia yang bergabung di Genus 2020, tetap semangat dan semoga dapat berproses bersama-sama dengan baik di Genus 2020 ini yang dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.” ujar Mutia Pangestu.

Sumber gambar: Omda Ikamasi
Reporter: Friska Sukmaningsih
Editor: Putri Arum Puspitasari

Korpus Institute

Korpus Institute

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.