Event Update

Pemasyarakatan Pancasila Penguat Karakter Bangsa

Peningkatan kapasitas wawasan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri dan IPB menyelenggarakan kegiatan Permasyarakatan Pancasila dengan tema “Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa” (19/12). Kegiatan yang berlangsung tepat di hari Bela Negara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari ORMAWA IPB.

20151219_131851

Kegiatan tersebut terdiri dari dua sesi yang berlangsung dari jam 08.00-15.30 WIB. Sesi pertama membahas mengenai Nilai-Nilai Pancasila dan Aktualisasi. Sedangkan sesi kedua membahas Tantangan Indonesia 2045 dan Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila melalui Penanaman Karakter Pancasila. Dalam sesi dua dipaparkan bahwa keterikatan Pancasila dan Bangsa Indonesua semakin longgar dibuktikan dengan hasil salah satu survey mengenai relevansi dari Pancasila yang dilakukan di 7 PTN Indonesia. Hasil menunjukan 80% Pancasila diganti dengan Ideologi syariah, 4.5% Pancasila masih relevan, 15% Pancasila diganti dengan Sosialis dan 0.5% lainnya.

“Pengaruh dari luar sekarang sudah luas. Kita harus memiliki benteng sehingga nilai kebangsaan tetap utuh dan dipegang oleh pemuda. Kesiapan tersebut dilakukan dengan penerapan nilai-nilai pancasila,” ungkap Sri Rahayu, M.Si selaku pembicara.

Kedekatan terhadap Pancasila dapat dilakukan dengan menguatkan 5 tonggak spiral karakter Pancasila yaitu keyakinan, kesadaran sikap, tindakan , dan hasil. Sebagai penutup wawancara ibu Sri menambahkan bahwa, kegiatan penanaman karakter ini sangat perlu dilakukan dengan sasaran utamanya adalah pemuda.

Ratna PH

Ed:Kuntum Mutia Umami

 

 

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*