Event Update

PKM, Saatnya Mahasiswa Berkarya

“…Semangat berkarya…”
“…Semangat sang Juara…”
Tulisan-tulisan di atas terpampang pada sebuah baliho yang belakangan turut meramaikan sudut-sudut strategis kampus IPB.  Baliho tersebut disertai gambar dua perempuan beralmamater biru tua. Perempuan  yang satu memakai jilbab dan yang lain membiarkan rambut sebahunya tergerai. Perempuan berjilbab sedang memeluk buku bercover hijau dan bertuliskan PKM, sedangkan perempuan yang lain sedang memegang piala dan menunjukkan medali yang ia kalungkan. Gambar dan tulisan berpadu, seakan mengajak setiap mata yang melihat untuk ikut serta dalam suatu perhelatan bergengsi di kampus IPB.
Tahun 2012, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI kembali menerima usulan Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) yaitu: Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT). Batas pengumpulan proposal ke DIKTI adalah 9 Maret 2012.
Selain dilombakan di tingkat nasional, IPB melombakan PKM-AI dan PKM-GT di tingkat kampus. Total hadiah yang ditawarkan mencapai Rp10.000.000,00. Ajang tingkat IPB ini sudah ditutup pada 20 Februari 2012 pukul 20.00 WIB. Proposal yang akan dilombakan di tingkat nasional masih dibuka. Total sementara (22/2) proposal yang sudah memenuhi syarat untuk PKM-GT sebanyak 200 karya, sedangkan untuk PKM-AI sebanyak 87 karya. Memenuhi syarat berarti administrasi proposal sudah lengkap dan benar, peserta sudah menyerahkan proposal dalam bentuk softcopy dan hardcopy, serta sudah melakukan registrasi online.
Menurut Bambang Riyanto, SPi, MSi, Kepala Sub Direktorat Minat, Bakat, dan Penalaran IPB, setiap mahasiswa seharusnya bisa menyampaikan gagasan dan ekspresinya dalam tulisan-tulisan ilmiah. Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) adalah Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT). Program ini merupakan sarana aktualisasi bagi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide besar. Ide-ide besar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada Indonesia.
Pada seleksi tingkat IPB, total hadiah yang ditawarkan oleh IPB naik dari Rp6.000.000,00 menjadi Rp10.000.000,00. Bambang yakin sekalipun tidak ada hadiah,pada ajang PKM-GT dan PKM-AI, ajang ini tidak akan kehabisan peminat. Hal ini karena iklim keilmiahan di IPB memang sudah terbentuk. Hal yang lebih penting adalah bagaimana membuat mahakarya yang bisa menginspirasi negeri ini. Beliau menambahkan, untuk membuat suatu karya besar tidak harus melalui PKM. Misalnya karya tersebut dituangkan dalam bentuk film dokumenter.
PKM-GT adalah wadah untuk menuangkan konsep ide-ide fresh, inovatif, aplikatif, dan mengguncang dari para pemuda-pemudi kreatif negeri ini, sedangkan PKM-AI merupakan Artikel Ilmiah yang dibuat berdasarkan hasil penelitian ilmuah yang pernah dilakukan.
Efi Riana

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*