Event Update

Ratusan Mahasiswa IPB Jadi Pelopor Aksi di Bogor

IMG_0002

Kamis(19/3), ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor berunjuk rasa di depan Gedung Istana Kepresidenan Bogor. (Foto: Ichwanul AM)

Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi pelopor aksi turun ke jalan di wilayah Bogor menuntut Jokowi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Bogor Kamis (19/3) di depan Istana Bogor dan kantor DPRD.

Mereka menuntut Jokowi agar dapat menstabilkan harga beras yang dinilai semakin memberatkan kaum miskin, terlebih lagi para petani. Sehingga mahasiswa meminta Jokowi untuk dapat menjamin kesejahteraan petani dan rakyat kecil. Tuntutan terakhir berisi usut tuntas kasus korupsi. Kasus antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan POLRI beberapa waktu lalu dianggap mahasiswa melemahkan kinerja KPK untuk memberantas korupsi di Indonesia.

Tiga tuntutan lainnya ditujukan ke DPRD yakni agar DPR dapat menyelesaikan konflik internal antara Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Tuntutan berikutnya berupa pendanaan partai politik (parpol) sejumlah 1 Triliun oleh negara dan terakhir mengenai kewajiban DPRD yang harus mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan parpol.

Aksi kali ini hanya diikuti oleh mahasiswa IPB saja. Menanggapi hal tesebut Mochamad Afif Azhar mengatakan bahwa universitas lain (red: universitas di Bogor) baru melaksanakan aksi esok hari. “Kami sudah mengajak mereka untuk bergabung namun kebetulan tidak bisa,” ujarnya. Alasan lain karena isu yang dibawa sedikit berbeda. “Kami lebih mengutamakan isu pertanian dan juga korupsi,” tambahnya.

Sempat terjadi kericuhan di akhir aksi antara mahasiswa dengan polisi yang berjaga. Namun berhasil diredam.

Rezky Eka Fauzia

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*