Event Update

RUANG JURNALISTIK: Belajar Jurnalistik Era Jurnalisme Modern


Ruang Jurnalistik adalah kelas untuk belajar dan berbagi ilmu jurnalistik. Tidak hanya jurnalistik, ilmu seni, sastra, belajar menjadi profesional, dan hal lain yang mendukung serta saling berkaitan dengan kegiatan jurnalisme. Ruang Jurnalistik dikemas dengan ringan, santai, namun berisi. Kelas Jurnalistik menghadirkan orang dengan pengalaman yang bisa mentransformasikan keahlian peserta menjadi lebih baik. Dengan peserta yang tidak terlalu banyak menjadikan proses transfer ilmu lebih efektif, tidak seperti seminar atau workshop pada umumnya. Namun Ruang Jurnalistik tetap menyesuaikan biaya yang terjangkau agar setiap orang bisa merasakan menyelam ke dalam dunia Jurnalisme. Untuk mendaftar silahkan klik bit.ly/kelasrj

Kelas yang dibuka:
Reporter
Menulis adalah keahlian, bukan bakaat bawaan lahir atau genetik. Seorang penulis lahir dari rahim yang membentuk hurup menjadi kata, kata menjadi  frasa,  dan  frasa menjadi kalimat, dan seterusnya dan seterusnya. Tali pusarnya diasup oleh bacaan, pemikiran, lingkungan, dan sanubari.  Reporter bukan soal menulis saja, ini tentang menyampaikan pesan pada ruang publik. Menyentuh ruang publik dengan goresan seni tanpa merobek nilai penting, aktual, unik, kedekatan, magnitude, prominence, trend dan yang paling penting faktual.

Fotografer
Foto mampu berbicara. Fotografi bukan hanya memindahkan gambar dari lensa ke dalam bentuk komposisi bentuk dan warna. Fotografi mampu menghidupkan selembar foto menjadi mampu berbicara dan berkisah. Mempelajari fotografi mulai dari kamera setitik lubang jarum hingga kamera termutakhir.

Illustrator
Manusia sudah mulai menggambar sejak zaman sebelum masehi. Gravity di dinding-dinding gua peninggalan manusia purba mungkin ilustrasi terkuno yang pernah ada di bumi, ketika itu manusia belum mengenal huruf apa lagi fotografi. Kini illustrasi dari goresan pensil atau gabungan pixel dapat menggambarkan dan menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan menarik.

Mata Ajar:
Mata ajar umum:
1. Menjadi Pers
2. Jurnalistik Dasar
3. Artistik
4. Marketing and Communication
Mata ajar kelas:

1. Reporter
Reportase
Wawancara
Hard news
Feature news
Investigasi
Bahasa dan sastra

2. Fotografer
Sejarah dan fotografi dasar
Teknik-teknik fotografi
Fotografi jurnalistik
Menghidupkan foto
Video dokumenter
Dan lain-lain masih dalam konfirmasi

3. Illustrator
Kreativitas
Desain manual/Free Hand
Desain digital/Software
Desain jurnalistik
Video dokumenter
Portofolio

Ayo daftar segera sebelum 14 SEPTEMBER 2014. Kelas terbatas!
Biaya pendaftaran:
– 1 orang: Rp 110k
– 2 orang: Rp 100k per orang
– 3 orang dst: Rp 90k per orang
So, ajak teman-temanmu!
CP: Rezky 085717828384

Untuk mendaftar silahkan klik bit.ly/kelasrj
 atau scan QR code berikut:

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*