Event Update

Suiji SLP 2016 – Pengabdian Masyarakat Antar Negara

Suiji SLP (Suiji Servive Learning Program) merupakan program pengabdian masyarakat yang diikuti oleh enam Universitas dari dua negara. Keenam universitas itu adalah Ehime University, Kagawa University, Kochi University, yang merupakan Universitas dari Jepang, serta  Universitas gajah Mada, Universitas Hassanudin, dan Institut Pertanian Bogor yang merupakan universitas dari Indonesia. 

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di 6 desa dari Kabupaten Tegal, serta tiga Desa lingkar kampus (Desa Bubulak, Desa Situ Gede, dan Desa Cikarawang). Di IPB, program ini diikuti oleh 21 mahasiswa asal Jepang, dan 26 mahasiswa asal IPB. Terdapat dua tahap pelaksanaan program, tahap pertama dilaksanakan di Indonesia, dan sudah dimulai pada tanggal 26 Februari 2016 lalu. Sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan di Jepang pada bulan Agustus 2016.

Tujuan pelaksanaan program ini yaitu sebagai wadah belajar bagi mahasiswa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan ketrampilan mahasiswa mengenai service learning, selain itu mahasiswa juga akan  menggali ilmu dari masyarakat, serta bergerak dan belajar menyampaikan ide dengan baik. Selain itu, mahasiswa pun bisa bekerjasama antar negara, dan dapat berinteraksi dengan mahasiswa asing dari Jepang. “Yang kami harapkan, mahasiswa kami dapat meniru kebiasaan orang jepang yang disiplin, dan dapat juga meningkatkan kemampuan berbahasa asing,” ujar Dr. I Wayan Astika, sebagai Ketua/penanggung jawab kegiatan Suiji SLP.

Puput NU

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*