Event Update

Taat Agama, KMB Lepas Penderitaan Hewan

IMG-20150323-WA0031

Minggu (23/3), Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) melaksanakan kegiatan Fang Shen. Dalam kepercayaan Budha, Fang Shen diartikan sebagai pelepasan hewan. Kegiatan yang dilakukan di Kebun Raya Bogor ini bertujuan untuk membebaskan makhluk hidup dari penderitaan.

“Kami KMB diajarkan dalam agama kami untuk membebaskan semua makhluk dari penderitaan termasuk hewan-hewan,” tutur Metta Gitania, salah satu anggota KMB.

IMG-20150323-WA0040

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak awal berdirinya KMB ini, berlangsung dengan adanya prosesi pendoaan ikan dan burung yang akan dilepas. Hal itu dimaksudkan agar kelak hewan-hewan itu tidak menderita lagi.
“Kalau dalam rangka apa sih, tidak dalam rangka apa-apa. Kegiatan ini dilakukan karena burung dan ikan punya alam sendiri, yaitu alam bebas, bukan di dalam sangkar atau dalam aquarium atau bahkan dibunuh untuk dimakan,” lanjut Metta.

IMG-20150323-WA0032

Kegiatan ini dapat berlangsung dengan sokongan dana sukarela yang berasal dari alumni dan mahasiswa KMB sendiri. Burung dan ikan yang dilepas tidak dipesan secara sengaja, melainkan dibeli secara spontan dengan harapan agar pedagang tidak mencari dan menangkap hewan lebih banyak lagi.

R. Irinne Devita Ariany

Sumber foto : dokumen KMB

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*