Event Update

Waktu Terbatas, Rekam Medis Tak Jadi Syarat Calon Wapresma

Afif (kiri) dan Supri (kanan) saat Sidang Istimewa 30 Mei 2015.

Afif (kiri) dan Supri (kanan) saat Sidang Istimewa 30 Mei 2015.

Pasca pengangkatan Dadan Hudanul Hak menjadi Presiden Mahasiswa yang baru, praktis posisi Wakil Presiden Mahasiswa KM IPB pun kosong. (baca juga Presma Mengundurkan Diri). Dalam surat Keputusan (SK) No.010/TAP SI/MPM KM/V/2015 yang disahkan jelang akhir Sidang Istimewa (30/5), diatur batas pengajuan calon Wakil Presiden Mahasiswa paling lambat 7 hari pasca SI. Namun dalam  SK tersebut, rencana ketentuan rekam medis secara umum yang harus dipenuhi calon Wapresma harus diganti.

Supriatna, Sekretaris Jendral MPM KM 2015, mengungkapkan penggantian ketentuan rekam medis bagi calon Wakil Presiden Mahasiswa dilakukan sesuai kesepakatan sidang yang berlangsung. Alasan utamanya didasarkan pada singkatnya tenggat waktu menuju pengangkatan Wapresma baru yang tidak sesuai dengan dikeluarkannya hasil rekam medis dari rumah sakit.

Berdasarkan hasil konfirmasi MPM KM ke rumah sakit terdekat, hasil rekam medis baru dapat dikeluarkan setelah satu bulan pemeriksaan. Padahal Sidang Istimewa pengangkatan Wakil Presiden Mahasiswa yang baru harus segera dilaksanakan maksimal dalam waktu 14 hari, terhitung sejak 30 Mei 2015 lalu.

Mengatasi kondisi tersebut, maka ditetapkan ketentuan lain mengenai syarat lampiran bukti kesehatan. “Calon Wapresma harus melampirkan surat keterangan dari dokter,” ujar Supriatna.

Dalam syarat lampiran bukti kesehatan, calon Wakil Presiden Mahasiswa juga diminta menuliskan catatan riwayat kesehatan dari penyakit yang pernah diderita bermaterai 6000.

Selain itu, ketentuan fit dan proper test yang sebelumnya tertera dalam draft mekanisme pergantian Wapresma juga dihilangkan. Penghilangan hal tersebut dilakukan karena penentuannya akan didasarkan pada hasil dialog saat Sidang Istimewa berikutnya. Sidang Istimewa akan dilaksanakan 13 Juni 2015 mendatang.

Rona Fauzan Noer

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*