Event Update

AQUAFEST : Perkenalkan Budidaya Perikanan pada Masyarakat Bogor

Himakua kembali mengadakan acara Aquaculture Festival di Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Sempur, Bogor pada tanggal 14-15 November lalu. Acara ini merupakan salah satu upaya  mahasiswa akuakultur Institut Pertanian Bogor untuk lebih mengenalkan kegiatan budidaya perikanan kepada masyarakat terutama masyarakat sekitar Bogor.

(Peresmian Aquaculture Festival Oleh Ketua Departemen BDP Dokumentasi; Himakua ) Sebelah kiri Arif Septian (BDP50), tengah Ketua Departemen Budidaya Perairan Dr.Ir Sukenda, M.Sc, sebeleh kanan pihak gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Sempur, sebelah kanan pojok sekretari Departemen Budidaya Perairan Dr. Mia Setiawati, M.Sc

(Peresmian Aquaculture Festival Oleh Ketua Departemen BDP ) Sebelah kiri Arif Septian (BDP50), tengah Ketua Departemen Budidaya Perairan Dr.Ir Sukenda, M.Sc, dan sebelah kanan pihak gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Sempur, sebelah kanan pojok sekretari Departemen Budidaya Perairan Dr. Mia Setiawati, M.Sc

Aquaculture festival (Aquafest) yang merupakan acara tahunan dan program kerja terbesar dari HIMAKUA (Himpunan Mahasiswa Akuakultur) merencanakan untuk melaksanakan acara ini kembali di JCC pada tahun depan. Hal ini mengingat tujuan utama dari Aquafest adalah memperkenalkan kepada masyarakat mengenai kegiatan dari akuakultur mulai aspek yang fundamental hingga mencapai skala usaha. Program ini terus digalakan dengan harapan kegiatan akuakultur dapat lebih dikenal sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan tersebut, mengingat saat ini sumberdaya perikanan yang berasal dari laut sudah mulai berkurang. Sedangkan permintaan akan konsumsi ikan baik dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat. Kegiatan akuakultur ini sangat menjanjikan, karena kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan dan produksi dapat mengalahkan produksi dari hewan darat.

Dalam acara tersebut terdapat banyak pameran seperti pameran akuakultur center (teknologi resirkulasi air BUMINA YUMINA, pengenalan pakan, ikan hias dan ikan konsumsi), pameran buku, serta pameran makanan. Selain bazar yang dilaksanakan di gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Sempur adapula rangkaian acara yang sebelumnya sudah dilaksanakan, salah satunya ialah Aquatalk. Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium CCR, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah diskusi para aquaculturis di Indonesia baik dari kalangan mahasiswa jurusan budidaya maupun mahasiswa luar yang berikatan dengan budidaya. Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Drs. Didi Widayadi, MBA dan beberapa pemateri lainnya memaparkan mengenai permasalahan, solusi dan juga perkembagan akuakultur di Indonesia pada acara tersebut.

Sasaran dari kegiatan ini tidak hanya kepada orang dewasa tetapi juga kepada anak-anak (Tk maupun SD), untuk mengenalkan akuakultur sedini mungkin. Sehingga, diadakan berbagai perlombaan mengambar dan mewarnai. Mengambar dilaksanakan untuk siswa SD kelas 3-6, sedangkan mewarnai untuk siswa TK dan SD kelas 1 dan 2. Siswa-siswi TK dan SD yang undang mencakup daerah Bogor dan sekitarnya. Antusias dari peserta menggambar dan mewarnai pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat banyak sekali siswa TK dan SD yang tertarik untuk ikut serta meramaikan acara aquafest 2015.

“Saya harap acara seperti ini dilaksanakan kembali karena dapat meningkatkan kreativitas dari siswa TK maupun SD” tutu Nur, orang tua salah satu peserta mewarnai.

Sifa Fauziah Ganda S

Editor : Shalsa Nurhasanah

About Marketing And Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*