Event Update

AQUASCAPE : Daya Tarik Keindahan Biota Perairan dalam Wadah Akuarium

Pesona keindahan bawah air tidak hanya dapat ditemukan di perairan dalam tetapi juga dapat ditemukan di dalam akuarium atau yang sering disebut dengan Aquascape. Himakua mengadakan kembali lomba Aquascape tingkat Nasional yang diikuti oleh berbagai mahasiswa perikanan maupun aquacaper Indonesia pada (14/11) di Budidaya Air Tawar Sempur. Acara ini dilaksanakan untuk lebih mengenalkan ikan hias dan tanaman hias kepada masyarakat, dan menambahkan kemampuan mahasiswa akuakultur dalam teknik aquascape. 

Pemenang Lomba Desain Aquascape, Dokumentasi : Himakua) Sebelah kiri pojok MC Khoirul Umam, diiukuti oleh pihak juri Aquascape, juara 3 Aquascape Andi Asal Bogor , juara 2 aquascape Dimas Satya P Universitas Riau, juara 1 aquascape Reza asal Siantar

Pemenang Lomba Desain Aquascape, Dokumentasi : Himakua (Sebelah kiri pojok MC Khoirul Umam, diikuti oleh pihak juri Aquascape, juara 3 Andi Asal Bogor , juara 2 Dimas Satya P Universitas Riau, dan juara 1 Reza asal Siantar)

Akuakultur tidak hanya mencakup kegiatan membudidayakan ikan untuk dikonsumsi saja, tetapi juga ikan hias. Nilai seni dari perkembangan akuakultur sepeti aquascape saat ini sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, hal ini dapat terlihat dari antusias peserta yang mengikuti lomba aquascape yang diadakan oleh panitia aquafest. Peserta yang mengikuti lomba aquascape ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia mencakup mahasiswa maupun masyarakat umum yang memiliki hobi akan aquascape. Salah satu peserta lomba aquascape ialah Dimas Satya P seorang mahasiswa Universitas Riau, menurutnya lomba aquascape seperti ini sangat bagus sekali dilaksanakan selain dapat menjadi ajang silaturahmi antara mahasiswa juga dapat menambah wawasan baru serta pengalaman dibidang akuakultur. Mahasiswa yang bertempat tinggal di Cibinong ini memang sudah mengenal aquascape sejak ia duduk di bangku SMA dan lomba ini menjadi salah satu lomba weekscape pertama kali yang ia ikuti, sebelumnya ia hanya mengikuti kontes foto aquscape.

Perkembangan aquascape saat ini memang sudah berkembang pesat terutama di daerah Jawa, namun di daerah luar Jawa pun sudah mulai terkenal. Hal ini terlihat dari komunitas aquascape di dalam inter-universitas maupun noninter-universitas. Salah satunya KIA (komunitas akuaskap dan ikan hias) di Universitas Riau, Pekanbaru Riau Akuaskap Komuniti dan sebagainya.

Peraih juara 2 Lomba Aquascape, Dimas Satya P mengaku dalam ajang lomba aquascape yang dilaksanakan oleh HIMAKUA IPB di Sempur Bogor ini yang paling seru ialah persaingan antar Universitas, seperti universitas yang mengikutinya ialah Universitas Padjajaran dan Institut Pertanian Bogor, sedangkan apabila dengan aquascaper yang sudah tua sudah sering bertemu di media social.

Sifa Fauziah Ganda S

Editor : Shalsa Nurhasanah

About Marketing And Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*