Event Update

Dahlan Iskan Pesta di IPB

Salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (BEM FMIPA IPB) bersama delapan Himpunan Profesi di FMIPA, Pesta Sains Nasional, kini akan hadir kembali pada tanggal 8-9 November 2013 mendatang di Gedung Graha Widya Wisuda, IPB. Dengan mengangkat tema “Golden Science”, kompetisi siswa/i SMA/SMK/Sederajat se-Indonesia yang diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk mewujudkan langkah konkret dalam pengaplikasian setiap disiplin sains.

Ilustrasi: Tony Syaukat/Koran Kampus IPB

Kompetisi-kompetisi tersebut terbagi ke dalam beberapa kategori perlombaan, diantaranya Kompetesi Statistika Junior (Statistika), Meteorologi Interaktif (Geofisika dan Meteorologi), Lomba Cepat Tepat Biologi (Biologi), Chemistry Challenge (Kimia), Matematika Ria (Matematika), Programming Competition (Ilmu Komputer), Kompetisi Fisika (Fisika), Lomba Karya Ilmiah Populer (Biokimia), dan Lomba Inovasi Science, Technology , Engineering, and Mathematics (STEM) untuk siswa dan guru.

Secara garis besar, rangkaian acara tersebut yang berlangsung selama tiga hari ini, tidak hanya sebatas penyelenggaraan babak penyisihan, semifinalis, ataupun finalis saja melainkan juga diadakannya seminar, workshop, dan talkshow untuk siswa/i dan guru. Pada hari pertama, Jumat (8/11), terdapat Seminar Kurikulum STEM 2013 dan FabLab dengan pembicara Rebecca Johnson, M.Sc (TIM USAID-SAInS, Columbia University) dan Dr. Damayanti Buchori, M.Sc (FMIPA IPB). Kemudian, Munif Chatib, Penulis Buku Best Seller “Sekolahnya Manusia” dan “Gurunya Manusia”, menjadi pembicara dalam Seminar Keguruan “Metode Pengajaran Kreatif untuk Mengembangkan Daya Pikir Siswa”. Dan terakhir, Workshop Keguruan “Menjadi Guru Profesional dan Bersahabat” oleh Dedi Dwitagama.

Hari selanjutnya, Sabtu (9/11), dari masing-masing kategori perlombaan akan diadakan babak semifinalis dan finalis untuk menentukan pemenangnya. Sementara itu, akan diadakan juga Seminar Kesiswaan “Mewujudkan Karakter Bersahabat Membangun Negeri” yang akan disampaikan oleh Bapak Dahlan Iskan (Menteri BUMN). Selain itu, akan pula menghadirkan Mario Teguh sebagai motivator dalam Achievement Motivation Training. 
Di hari terakhir, Minggu (10/11), diadakan Talkshow “Peran Ilmu Pengetahuan untuk Kemajuan Negeri” yang akan disampaikan oleh Dewi Hughes (Duta Pendidikan, Pendiri Dewi Hughes International Foundation) dan Sri Fatmawati, S.Si, M.Sc, Ph.D (Peneliti dan Penerima Penghargaan For Woman In Science (FWIS) UNESCO). Pemenang Guru Teladan Pesta Sains 2013 dan pemenang perlombaan dari masing-masing kategori juga akan diumumkan sebagai penutup dalam rangkaian acara ini.

Reporter: Neneng Murnasih
Editor: Fadhli Sofyan

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*