Event Update

Foodival, Ajak Lebih Dekat dengan Nanoteknologi

Foodival (Food Day Festival) 2013 adalah acara yang diadakan oleh HIMITEPA (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan) IPB selama bulan Mei hingga Oktober 2013. Salah satu dari acaranya adalah Seminar Nasional yang diadakan pada hari Minggu, 29 September 2013, bertempat di Auditorium Abdul Muis Nasution (AMN). Tema dari seminar adalah ‘Berkenalan dengan Inovasi Baru Teknologi Pangan: Nanoteknologi’.

Pembicara-pembicara adalah pakar di bidang ini dan dengan bahasa yang ringan dan sederhana mengenalkan nanoteknologi kepada para pengunjung dalam seminar. Para pembicara tersebut adalah Dr. Etik Mardliyati, M. Eng pakar Nano Partikel Indonesia dari Masyarakat Nanoteknologi Indonesia, Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M. Sc. direktur SEAFAST center dan redaktur Food Review, Dr. Ir. Nugraha Edhi Suyatma, DEA pakar Nano Packaging Indonesia, dan Ir. Basri Adhi pengusaha industri makanan.

Sesi tanya jawab bersama Direktur SEAFAST,
Pakar Nano Partikel Indonesia, dan Redaktur Food Review.
(foto: Naufal Imam / Koran Kampus)
Para pengunjung dari kalangan IPB tak hanya dari mahasiswa departemen Ilmu Teknologi Pangan, tetapi dari departemen lain, juga hadir pengunjung dari angkatan 50. Tak hanya dari IPB, pengunjung dari luar jabodetabek, bahkan sampai Sumatera Utara. Raditya Prabowo, ketua pelaksana Foodival mengaku sangat terkesan dengan pencapaian jumlah pengunjung ini, “Kami menjual 140 tiket dan terjual habis dalam minggu pertama,” ungkapnya. Animo mahasiswa terhadap nanoteknologi sangat tinggi. “Ini pencapaian yang cukup memuaskan untuk acara seminar yang diadakan departemen kecil seperti kami,” ujar Raditya.

Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular untuk membuat produk berskala makro (wikipedia). Teknologi ini baru diperkenalkan oleh Norio Taniguchi Profesor Universitas Sains Tokyo pada tahun 1974 (web foodival).

Ketua Pelaksana Foodival 2013 sekaligus yang menggagas tema nanoteknologi pada acara seminar nasional ini Raditya Prabowo beralasan, “Belum banyak yang tahu nanoteknologi, padahal nanoteknologi adalah teknologi yang sedang in,” dan dengan seminar ini dia ingin agar para pengunjung mengetahui nanoteknologi dan tidak menganggap bahwa nanoteknologi adalah teknologi yang buruk. Salah satu manfaat nanoteknologi adalah menambahkan nilai dari produk makanan.

Acara terakhir dan puncak dari Foodival 2013 adalah Food Expo yang akan diadakan pada tanggal 12- 13 Oktober 2013, bertempat di Lapangan Pasca Sarjana IPB Baranangsiang. Food Expo terdiri dari tiga rangkaian acara; FoodExpo, FoodWalk dan Food Campaign. FoodExpo adalah festival jajanan yang akan dihadiri 20 perusahaan makanan. FoodWalk adalah jalan sehat, dengan tema Movement Against Hunger. Sementara Food Campaign adalah kampanye tentang pangan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober.

Rangkaian acara puncak ini terbuka untuk umum dan gratis. Tujuan rangkaian acara adalah agar khalayak umum lebih peduli terhadap pangan dan pentingnya pangan sebagai solusi permasalahan bangsa. Untuk peringatan Hari Pangan Sedunia, tak hanya mereka yang berkutat dalam ilmu pangan yang dapat memperingatinya, tetapi juga masyarakat umum karena pangan adalah milik bersama. 

Nahdah Sholihah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*