Event Update

Himaproter Meriahkan Rangkaian Agrisymphony 2015

Agrisymphony (Art, Science and Culture in Harmony), mahakarya civitas IPB sebagai dedikasi untuk memasuki usia ke-52. Himaproter (Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan) Fapet IPB ikut andil dalam memeriahkan kegiatan Dies Natalis IPB ke-52 dengan menyelenggarakan Festival Ayam Pelung Nasional 2015 (FAPN 2015) dengan mengusung tema “Gema Kokok Ayam Pelung Khas Nusantara”. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Dies Natalis IPB ke-52, penyelenggarakan Seminar dan Lomba Judging Ayam Pelung pada tanggal 05-06 September 2015 berada di Fakultas Peternakan yaitu didepan Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (JHH). Kegiatan ini menghadirkan pembicara Bapak Hendi Gumilang selaku Ketua Himpunan Pecinta Ayam Pelung Bogor Raya tahun 1995-2014.

Seminar Judging Ayam Pelung

Seminar Judging Ayam Pelung. (Foto: Andika)

Ayam pelung sebagai ayam lokal Indonesia memilik suara kokokan yang khas, sehingga dilakukan perlomba penilaian pada suara ayam (judging) pada hari Minggu, 06 September 2015 terhadap suara kokokan tiga ayam pelung yang disediakan oleh panitia. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan seminar mengenai ayam pelung serta melakukan penjurian terhadap suara ayam pelung. Penilaian para peserta akan dicocokkan dengan penilaian yang telah Bapak Hendi lakukan untuk menentukan pemenang dari lomba Judging tahun ini.

“FAPN ini menjadi sarana dalam menjalankan hobi dan juga kerjasama bagi IPB sekaligus pecinta ayam pelung. Melalui kegiatan ini kelestarian ayam pelung sebagai aset Indonesia tetap terjaga”, ujar Bapak Hendi Gumilang selaku Ketua Himpunan Pecinta Ayam Pelung Bogor Raya 1995-2014. Ketua penyelenggaran FAPN 2015 Nur Qoim Agustin menambahkan, “Meskipun jumlah peserta menurun dari tahun sebelumnya seminar ini diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam mengenai ayam pelung sebagai ayam lokal Indonesia. Ayam pelung masih dianggap sebelah mata oleh seluruh mahasiswa”.

Kegiatan seminar yang menjelaskan ayam pelung ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa khususnya mahasiswa peternakan untuk mengenal pelestarian aset ternak lokal Indonesia. Ketua Himaproter, Ichsan Al Hakim menjelaskan bahwa selain ayam pelung, kedepannya Himaproter dan Himakova akan bekerja sama mengadakan kegiatan untuk mengenal satwa harapan seperti kontes burung.

Lomba judging ayam pelung 2015 dimenangkan oleh Raka (IPTP 51) sebagai juara I, Dede (IPTP 51) juara II dan Rifa (IPTP 49) juara III. Ketiga pemenang tersebut membawa piala penghargaan, sertifikat serta uang pembinaan sebagai hadiah atas pencapaian mereka.

 

Ratna Puspita H

Dimas

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*