Event Update

[Media Partner] IMC 2016 : Peran Matematika di Era Kompetisi Global

13274

Gambar 1 Suasana pelaksanaan The 5th IMC (IPB Mathematics Challenge) 2016

Minggu (18/9) Acara tahunan Departemen Matematika Institut Pertanian Bogor, IMC (IPB Mathematics Challenge) kembali digelar untuk kelima kalinya. Kegiatan yang diampu oleh Gumatika (Gugus Mahasiswa Matematika) IPB ini terdiri dari 2 rangkaian acara, challange berhadiah dan seminar nasional. Bertemakan “The Real World Mathematics Expertises in Global Competition Era”, kurang lebih 250 peserta berpartisipasi dalam acara ini yang berasal dari berbagai daerah, seperti Medan, Jawa Barat dan Jakarta.

Bertempat di Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB, IMC tahun ini berfokus pada 3 topik utama yaitu Matematika Pertanian, Data Analisis, dan Aktuaria. Sesi pertama menjelaskan peran matematika dalam sektor pertanian oleh Dr. Ir. Suwandi, M.Si.,  Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementrian Pertanian. Big data dan pentingnya analisis dalam pengambilan keputusan di Marketing Research dipaparkan dalam sesi kedua oleh Drs. Joko Wiyono dari PT. Qasa Strategic Consulting. Sedangkan aktuaria yang menjadi subjek tahunan di IMC dijelaskan oleh Norman Prima Andrew S.Si, Product Actuarial di PT. AIA Indonesia dalam sesi terakhir.


13275

Gambar 2 Ketiga pemateri dalam acara IMC 2016 (kiri atas) Dr. Ir. Suwandi, M.Si, (kanan atas) Drs. Joko Wiyono, (bawah) Norman Prima Andrew

Selain itu, diadakan kompetisi challenge berhadiah setelah tahun kemarin absen dalam rangkaian IMC berupa penulisan Essay Marketing Research. Lomba ini dibuka sejak tanggal 5 September yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Indonesia. Ketiga grand finalis yang telah disaring selanjutnya melakukan presentasi terpisah dari ruangan seminar. Pengumuman Challange dilakukan saat semua rangkaian acara seminar selesai.

13276

Gambar 3 Ketiga pemenang challenge The 5th IMC 2016 (dua dari kiri) Juara 1 Zaidah Rifah Uswatun, (tengah) Juara 2 Vinni Maulidina Rahmawati, (kanan) Juara 3 Bambang Hartono Sinaga

Berbicara mengenai diadakannya kembali kompetisi challenge, Refha Dwi Margana sebagai Ketua Pelaksana IMC 2016 menuturkan,  “Kan nama acaranya IPB Mathematics Challenge, masa tidak ada challenge nya?”. Acara ini diakhiri dengan penampilan Ardhit Erwanda, Juara 2 Stand Up Comedy Indonesia Season 6.

 

Dwi Putri Hutami

Dianti Silviana

Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*