Event Update

[Media Partner] International Fieldtrip R55 SB-IPB Ke Korea Selatan

Selasa (4/10), mahasiswa kelas Reguler 55 Sekolah Bisnis IPB melakukan kegiatan  fieldtrip ke Korea Selatan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 32 mahasiswa dengan didampingi oleh Bapak Arif Daryanto selaku direktur Sekolah Bisnis IPB.  Perusahaan yang menjadi objek pembelajaran dalam kegiatan fieldtrip ini adalah Cheil Jedang Company (CJ Co mpany), yang difokuskan pada food and food service.

Pada hari pertama tiba, rombongan melakukan kunjungan ke Kimchi School. Mahasiswa mempelajari bahan utama dan proses pembuatan kimchi, makanan fermentasi khas Korea. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan Hanbok, pakaian adat Korea . Hari kedua, rombongan R55 SB IPB mengunjungi Cheil Jedang Human Ville yang merupakan  kantor pusat manajemen perusahaan. Rombongan disambut ramah oleh pihak Cheil Jedang dan diberikan  pembekalan materi mengenai profil perusahaan serta industri keseluruhan yang dilakukan oleh CJ. Setelah diskusi selesai, rombongan dibawa  menuju Cheil Jedang Food World untuk melihat store, pusat research and development, library, dan fasilitas perusahaan lainnya yang berada di satu gedung area. Selanjutnya, rombongan mengunjungi pabrik pembuatan tofu dan melihat proses pembuatan tofu di daerah Jincheun yang merupakan salah satu daerah industri di Korea Selatan.

Peserta Fieldtrip berfoto bersama dengna mengenakan hanbok.

Peserta Fieldtrip berfoto bersama dengna mengenakan hanbok.

Pada hari ketiga, kunjungan dilakukan ke Cheil Jedang Busan Plant di kota Busan. Rombongan melakukan perjalanan sekitar dua jam tiga puluh menit menggunakan kereta cepat KTX.  Di lokasi ini, mahasiswa mempelajari proses pembuatan nasi instan mulai dari awal hingga proses packaging. Umumnya proses pembuatan makanan di pabrik Cheil Jedang sangat meminimalisir menggunakan tenaga kerja manusia, perusahaan lebih banyak memanfaatkan teknologi dalam  proses pembuatan hingga pengemasan. Hal  ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan sterilitas. Setelah itu mahasiswa mengunjungi pasar tradisional yang berada di Busan. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyusuri pasar tradisional, menyicipi kuliner khas Korea, ataupun mencari souvenir khas dari Korea. Pasar tradisional yang dikunjungi adalah pasar ikan yang menjual berbagai macam jenis ikan tangkap. Pasar ikan ini bernama Jagalchi Market yang terletak dekat dengan  laut sebelah timur kota Busan. Sistem jual beli di pasar ikan ini tidak berbeda jauh dengan pasar-pasr ikan di Indonesia, namun yang patut di contoh bagi pasar tradisional di Indonesia adalah ketertiban pasar dan kebersihannya. Hari terakhir, mahasiswa mengunjungi Geongbukgong Palace dan N Seoul Tower. Di tempat ini, rombongan mendapat tambahan pengetahuan dan informasi mengenai sejarah kerajaan Korea Selatan.

Foto panorama

Foto panorama Jagachi Market.

Tujuan kegiatan fieldtrip ini adalah mempelajari bagaimana industri agribisnis di Korea Selatan bisa bersaing di kancah internasional, penerapan budaya inovasi pada perusahaan di Korea Selatan, perilaku konsumen dan gambaran mengenai peluang pasar di Korea Selatan. Pembelajaran ini dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan dan informasi yang diperoleh dari Korea Selatan dan mengupayakan penerapannya di Indonesia. Rangkaian kegiatan acara ini disponsori oleh Sinar Mas Group, PT Phapros Tbk, Lippo Education Initiativers.

Editor : Puput NU

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*