Event Update

[Press Release] Himiteka : Eksplorasi Tanah Sumatera “Potensi Laut Teluk Kiluan”

himiteka1

Himpunan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (Himiteka) berhasil mengeksplorasi tanah Sumatera pada 30 Mei – 4 Juni 2015 lalu. Setelah Ekspedisi pertama dilakukan di Teluk Banten pada tahun 2014, Ekspedisi kali ini bertempat di Teluk Kiluan, Lampung. Tim Ekspedisi ini beranggotakan 26 orang mahasiswa aktif dari departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB dan 1 orang teknisi.

himiteka3

Teluk Kiluan menjadi lokasi yang dipilih karena Teluk ini memiliki daya tarik utama yaitu lumba-lumba serta keindahan alam yang belum terungkap. Sehingga Tim Ekspedisi Himiteka bertekad untuk mengungkap potensi tersembunyi yang dimiliki oleh Teluk Kiluan. Selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil pada lokasi tersebut dan Tim Ekspedisi Himiteka ingin mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan.

himiteka2

Ekspedisi Himiteka berfokus pada pengambilan data dalam bidang kelautan antara lain bidang oseanografi, akustik kelautan, keanekaragaman hayati laut, pemetaan sumberdaya hayati laut, dan juga mamalia laut khususnya lumba-lumba yang memang menjadi primadona di Teluk Kiluan. Persiapan ekspedisi ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu sebelum hari keberangkatan. Pengambilan data pun dilakukan dengan metode yang sesuai standar dan mengutamakan keamanan demi memperoleh data yang valid.

himiteka6

“Bukanlah hal yang mudah untuk melakukan kegiatan sebesar ini, namun dengan keuletan dan kemauan untuk dapat memajukan dunia maritim Indonesia saya yakin kita akan berhasil mewujudkan Indonesia yang lebih baik” ujar Amri Sabrian (ITK 49) selaku ketua pelaksana dari Ekspedisi Himiteka 2015

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari berjalan dengan lancar walaupun tim Ekspedisi Himiteka harus menghadapi cuaca yang tidak menentu saat di lapangan, namun itu semua tidak menjadi halangan untuk tetap melanjutkan kegiatan ini.

himiteka4

Selain melakukan pengambilan data di bidang kelautan, tim Ekspedisi Himiteka 2015 juga melakukan liputan terhadap kondisi sosial budaya di Teluk Kiluan dan melakukan sosialisasi ke sekolah dalam acara Marine Goes to School (MGS). Kegiatan Marine Goes to School ini merupakan sosialisasi tentang dunia kelautan yang dilakukan oleh mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB yang kali ini dilakukan di SDN 1 Kiluan dan SMPN Satu Atap 4 Kelumbayan. Tujuan dari kegiatan MGS ini untuk membuka wawasan warga sekitar khususnya para pelajar agar lingkungan laut Indonesia terutama di tempat mereka tinggal dapat termanfaatkan dengan baik dan tetap lestari.

Yuda Alam Perdana

Editor : Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*