Rangkaian Musyawarah Nasional VII, ILMAGI Gelar Seminar Nasional Peningkatan Peran Mahasiswa Gizi

Sabtu (25/04) seminar mengenai “Peningkatan Peran Mahasiswa Gizi dalam Aksi Kolaboratif Interprofesi” diselenggarakan. Acara ini merupakan rangkaian acara musyawarah nasional yang dilaksanakan di Audit GMSK Institut Pertanian Bogor. Acara tahunan ini diikuti oleh seluruh himpunan profesi gizi se-Indonesia dan sudah berlangsung untuk ketujuh kalinya.

Talkshow "penguatan kompetensi lulusan serta profesi gizi di Indonesia" oleh tiga pembicara. Foto oleh Ira Widya Zahara
Talkshow “penguatan kompetensi lulusan serta profesi gizi di Indonesia” oleh tiga pembicara.
Foto oleh Ira Widya Zahara

Wittresna Julianty sebagai ketua pelaksana menuturkan bahwa tema ini diangkat untuk mengetahui peranan ahli gizi dalam berbagai bidang. Beliau mengatakan, “Tema ini bertujuan agar lebih membuka wawasan ahli gizi, kalau ahli gizi itu bukan sebatas kerja di rumah sakit tapi bisa juga dibidang pangan, pemerintahan, industri” jelasnya.

Selain dihadiri oleh 24 himpunan Mahasiswa gizi dari berbagai universitas, acara ini juga mendatangkan beberapa ahli profesional yang berhubungan dengan gizi di Indonesia, seperti Ir. Tetty H Sihombing sebagai Direktur Standarisasi Produk Pangan BPOM, Gunarti Yahya, DCN, MM sebagai ketua DPP ASDI Jakarta, dan Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia, Dr. Minarto, MSP.

Seminar ini membahas mengenai gizi dari peranannya pada sektor pemerintahan dalam mewujudkan kemanan pangan, peranan dietision dalam praktik kolaboratif interprofesi di rumah sakit hingga pengembangan profesi tenaga gizi. Untuk mengakhiri sesi talkshow tersebut ditutup dengan video singkat Prof. Dr. Ir Hardinsyah, MS, Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia. Video tersebut menjelaskan bahwa akan dilaksanakan uji kompetensi bagi ahli gizi di Indonesia untuk memperoleh sertifikat kompetensi untuk bekerja di bidang kesehatan .

 

Ira Widya Zahara
Kuntum Mutia Umami (Editor)

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.