Event Update

MPKMB 55 Menuju Generasi Revolusi Industri 4.0

Kartunis :  Errizqi DC

Kartunis : Errizqi DC

MPKMB (Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru) merupakan kegiatan pertama mahasiswa baru yang diperkenalkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) sehingga mahasiswa baru mampu berakselerasi dan beradaptasi dengan kehidupan kampus di IPB. MPKMB 55 mengusung tema “Menumbuhkan rasa cinta pertanian untuk mempersiapkan generasi di IPB yang unggul dalam menyongsong revolusi industri 4.0”, tema ini dipilih karena saat ini Indonesia sedang memasuki ranah 4.0 karena semua terkait dengan 4.0, dimulai dari bidang maritim, pertanian, bahkan pendidikan.

IPB merupakan salah satu institusi yang bertanggung jawab dalam revolusi industri 4.0 untuk Indonesia emas 2045, hal tersebut juga merupakan alasan dipilihnya tema MPKMB 55 agar IPB mampu menjadi pendorong yang selaras dengan visi Indonesia. Hal yang membedakan MPKMB IPB dengan kampus lain adalah temanya yang selalu mengusung pertanian, pada MPKMB 55 ini pula diberikan pencerdasan tentang pemilahan sampah sehingga mahasiswa sudah tidak diperkenankan menggunakan segala jenis plastik dan diganti menggunakan wadah atau kemasan non-sekali pakai sebagai upaya mewujudkan IPB sebagai Green Campus.

Angkatan 55 mahasiswa baru IPB kali ini bernama Saga Agrisatya, Saga yang berarti kisah atau legenda, agrisatya berasal dari kata agri yang berarti pertanian dan satya yang berarti sejahtera, dengan nama tersebut angkatan 55 diharapkan dapat membuat kisah yang menjadikan pertanian Indonesia ini semakin jaya dan sejahtera. “Sudah hampir 90% progressnya dan bisa dilihat di basecamp kami mulai berisik dengan panitia yang selalu mondar-mandir untuk mempersiapkan MPKMB. Sejauh ini pihak Ditmawa selaku pelaksana MPKMB juga sudah baik dalam mendukung kebutuhan kami, namun kami masih merasakan Bapak Rektor sedikit kurang perhatian untuk MPKMB ini,” Ucap Idham FATETA 53 selaku ketua pelaksana MPKMB 55. Idham juga mengatakan bahwa akan ada kejutan bahwa kita akan ikut berkontribusi dalam Asian Games 2018 melalui MPKMB 55 ini.

“Semoga mahasiswa baru betah di IPB, karena salah satu indikator keberhasilan MPKMB adalah mereka merasa cinta almamaternya sehingga segan untuk pindah kampus dari IPB,” Lanjut idham mengutarakan harapannya untuk keberhasilan MPKMB.

Uswatun Khasanah
Ed: Tasya Chotimah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*