Warna-Warni MPKMB 56 IPB University

Ilustrator: Janis

Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University sering disingkat menjadi MPKMB. Setelah singkatan MPKMB diimbuhkan angkatan mahasiswa baru (maba) yang mengikuti rangkaian kegiatan ini. Tahun 2019, maba ini menempati angkatan 56 semenjak IPB didirikan. Sehingga, masa pengenalan kampus saat ini dikenal dengan sebutan MPKMB 56.
Maba IPB dikenalkan dengan seluk-beluk kampus serta kehidupan mahasiswa yang sudah tidak sama lagi dengan kehidupan anak SMA melalui rangkaian kegiatan MPKMB 56. Selama lima hari (5-9/8), maba IPB mengikuti rangkaian kegiatan MPKMB. Apa saja sih keseruan yang mereka lakukan selama lima hari itu? Yuk, kita intip keseruannya!

Hari Pertama
Senin (5/8), maba IPB mengikuti acara yang menampilkan orang-orang hebat untuk memotivasi mereka menjadi para generasi penerus bangsa yang unggul. Selain itu, maskot MPKMB IPB 56 juga ikut memeriahkan hari pertama MPKMB 56. Mereka adalah Nio dan Mora, yang menemani maba IPB selama MPKMB berlangsung. Dilansir dari akun resmi MPKMB 56 @mpkmbipb, begini penjelasan lengkap terkait maskotnya.

Maskot Nio berwujudkan tunas yang melambangkan harapan untuk tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang mampu memberikan manfaat bagi bangsa, terkhusus untuk kehidupan pertanian Indonesia di masa mendatang. Maskot Mora berwujudkan domba yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Domba juga melambangkan sosok yang rendah hati, mudah bersosialisasi, dan mampu menebar kebermanfaatan bagi manusia. Hari pertama MPKMB 56 yang digelar di Grha Widya Wisuda (GWW) pun berakhir dengan sukses.

Hari Kedua dan Ketiga
Selasa (6/8), maba IPB diajak untuk mengenali fakultasnya masing-masing. Melalui pengenalan fakultas ini diharapkan maba IPB paham betul marwah yang diemban oleh fakultasnya masing-masing. Pembicara yang hebat pun turut dihadirkan untuk memotivasi maba IPB untuk selalu bersemangat mengejar prestasi.

Rabu (7/8), tidak jauh berbeda dengan hari kedua. Maba IPB masih diperkenalkan dengan fakultasnya masing-masing. Selain itu, kegiatan baru yang disebut dengan Discover IPB juga digelar. Discover IPB adalah sebuah kegiatan yang memberikan gambaran umum, peran, dan keterkaitan bidang keilmuan tiap fakultas yang berada di IPB kepada maba. Hal ini lakukan sejalan dengan motto baru IPB University yaitu “Inspiring Innovation with Integrity”.

Hari Keempat
Kamis (8/8), rangkaian kegiatan cukup padat diikuti oleh maba IPB. Mulai dari talkshow bersama TNI dan Polri hingga aksi horizontal dilakukan dalam satu hari. Selain itu, maba IPB juga mengikuti parade kebangsaan. Hari keempat ini maba IPB dididik untuk menjadi pribadi yang kuat dan terus berjuang untuk kemajuan pertanian Indonesia. Maba IPB menyerukan bahwa mereka adalah mahasiswa yang merupakan ujung tombak kemajuan bangsa. Seruan “Hidup Mahasiswa! Hidup Pertanian Indonesia!” terus-menerus diteriakkan dengan semangat membara di Lapangan Gelora IPB. Keren!

Hari Kelima
MPKMB 56 berhasil memecahkan rekor dunia Record Holders Republic (RHR) dengan menampilkan formasi yang disebut dengan “The Most Lenticular People Formation” (9/8). Pemecahan rekor dunia ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi IPB University. Pasalnya, tidak hanya menggemparkan jagad kampus saja, pemecahan rekor dunia ini juga menjadi topik bahasan viral di internet dan media sosial.

Salah satu akun Instagram @indozone.id memposting pemecahan rekor dunia ini. Postingan tersebut telah berhasil mendapatkan kurang lebih 215.000 like dan kurang lebih 4000 komentar dari warga internet (pertanggal 11 Agustus).
Setelah pemecahan rekor dunia ini, maba IPB juga mendapatkan Koran Mahasiswa Baru dan Tabloid “PEKA” secara cuma-cuma dari Koran Kampus yang merupakan satu-satunya lembaga pers IPB.

Dalam perjalanan menuju asrama, maba terlihat sangat antusias setelah mendapatkan media cetak tersebut. Melalui koran dan tabloid ini, maba IPB dikenalkan langsung dengan fenomena terkini yang terjadi di kampus. Harapannya, setelah membaca koran dan tabloid tersebut, maba IPB menjadi lebih kritis terhadap setiap fenonema yang terjadi di kampus. Setelah itu, maba IPB dihibur dengan berbagai penampilan spektakuler dari para penampil.

Grup band Nidji, penampilan teater kolosal, penampilan rektor IPB, serta penampilan jingle MPKMB 56 turut serta mewarnai kemeriahan hari terakhir MPKMB. Penutupan MPKMB 56 dilakukan oleh Rektor IPB. Dr. Arif Satria.
Kejutan tahun depan apalagi ya?

Annisa Dinulislam

Editor: Aditya Mukti

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.