Event Update

BMKG: Fenomena Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Sumber: Google

Sumber: Google

Badan Meteorologi, klimatologi, dan Geofosika (BMKG) menyatakan bahwa akan terjadi fenomena gerhana bulan total atau disebut blood moon pada 28 Juli 2018. Gerhana bulan tersebut merupakan gerhana bulan terlama di abad ini.

Dilansir dari situs bmkg.go.id, gerhana bulan adalah peristiwa ketika cahaya matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah indonesia pada tanggal 28 juli 2018. Dalam keterangannya, BMKG akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara lanngsung.

Awal gerhana akan terjadi pada pukul 00.15 WIB di Indonesia, hal ini ditandai dengan kontak awal penumbra. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 03.22 WIB dengan durasi total selama 1 jam 43 menit.

 

Mia Aulia Nurdini

Ed: Karina Rahmi M.

Sumber : www.bmkg.go.id

Tribuntravel.com

Tribun-timur.com

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*