Event Update

Dua Mahasiswa Massa Aksi 3 Tahun Jokowi-JK Dikenai Pasal Berlapis

Dua Mahasiswa Massa Aksi 3 Tahun Jokowi-JK Dikenai Pasal BerlapisAksi memperingati 3 tahun Jokowi-JK (20/10) yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berujung dengan penangkapan 14 massa aksi oleh Polda Metro Jaya. Enam dari ke-14 massa aksi merupakan mahasiswa IPB. Massa aksi yang ditahan mendapatkan pendampingan hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM).

Massa melakukan aksi 3 tahun Jokowi-JK. Massa berasal dari kalangan mahasiswa seluruh Indonesia dan aliansi BEM Seluruh Indonesia (Foto oleh : Naila H)

Massa melakukan aksi 3 tahun Jokowi-JK. Massa berasal dari kalangan mahasiswa seluruh Indonesia dan aliansi BEM Seluruh Indonesia (Foto oleh : Naila H)

Setelah 1×24 jam (21/10) akhirnya 12 dari 14 massa aksi dibebaskan dan meninggalkan dua mahasiswa yang kini di tetapkan sebagai tersangka. Dilansir dari akun instagram BEM KM IPB bahwa dua mahasiswa tersebut yakni MAS (IPB) dan IM (STEI SEBI) dikenakan pasal berlapis yakni pasal 216 dan 218 KUHP dan pasal 160 dan 170 KUHP.

Pasal 216 KUHP berbunyi: Barangsiapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat yang tugasnya atau yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana, demikian pula barangsiapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang-undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Sementara Pasal 218 KUHP berbunyi: Barangsiapa pada waktu rakyat datang berkerumun dengan sengaja tidak pergi dengan segera sesudah diperintahkan tiga kali oleh atau atas nama penguasa yang berwenang, diancam karena ikut serta perkelompkan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Adapun pasal 160 dan 170 KUHP terkait dengan penghasutan dan pengeroyokan.

Keluarga alumni BEM KM IPB 1999-2016 mengeluarkan pernyataan yaitu menuntut pembebasan dari segala tuduhan hukum bagi mahasiswa yang masih ditahan di Polda Metro Jaya.

Putri IT
Reporter : Khalifardinof

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*