Event Update

Ini Cara Fapet Kurangi Angka Golput

Semarak Pemira-17 IPB dirasakan oleh civitas Fakultas Peternakan (20/10). E-Vote menjadi gerakan baru yang dilakukan oleh Fapet dalam pemilihan BEM Fapet 2015.  Sebelumnya E-Vote telah teruji oleh Fateta,  Diploma dan Faperta. Dengan E-Vote menjadi cara dalam memperkecil angka golput oleh mahasiswa dan mengefektifkan waktu dalam perhitungan suara.

Konsep menarik juga ditawarkan demi kelangsungan semarak Pemilihan Raya ini. Jalannya E-Vote Fapet tahun ini dilakukan bekerjasama dengan Fateta. “BEM KM ingin setiap fakultas mencanangkan E-Vote di tahun 2017, jadi Fapet merealisasikannya sekarang. Kami juga ingin menarik masa,  yang sebelumnya hanya 400 orang menjadi 550 pemilih”, ungkap Imam Malik Tarigan,  Ketua KPRWD.

Suasana TPU Fapet saat Pemira-17

Suasana TPU Fapet saat Pemira-17

Tempat E-Vote dirangkai di dalam kandang ayam pelung yang terkenal tinggi seperti rumah panggung. Ini menjadi daya tarik untuk memukau pemilih. “Konsepnya bagus,  rame, jadi bisa menarik perhatian pemilih. Walau masih bingung cara pemilihan,  tapi dengan bantuan panitia, saya bisa mengikuti pemilihan dengan lancar “,  ungkap Muli (INTP 51).

Selain tempat pemilihan yang menarik,  disediakan hadiah untuk keaktifan pemilih dari setiap kelas. Lima belas ayam telah disediakan  untuk diberikan kepada tiga kelas pencapai 80% lebih pemilih. “Hadiah yang lebih menarik menjadi salah satu cara pembelajaran politik bagi mahasiswa.  Sebuah pembelajaran agar meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk tidak golput”,  tutup Imam.

Ratna Puspita Haryati

Editor : Kuntum Mutia Umami

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*