Event Update

Berbagai Sumber Cetak dan Elektronik Maksimalkan Koleksi Perpustakaan Pusat IPB

Koleksi bahan pustaka di Perpustakaan IPB tercatat sebanyak 56.000 judul (147.888 eks) cetak dan elektronik, e journal 58.975 judul, koleksi Skripsi/Tesis/Disertasi ± 80.000 eks dan koleksi jurnal tercetak. Koleksi tersebut diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan civitas IPB dalam proses belajar dan mengajar. Proses dari pengadaannya dibawah koordinator Pengembangan Koleksi.

Koleksi Pustaka Perpustakaan Pusat IPB (Foto oleh : Ulfah Dwi K)

Koleksi Pustaka Perpustakaan Pusat IPB (Foto oleh : Ulfah Dwi K)

Sumber pengadaannya berasal dari pembelian dan hadiah. Beberapa lembaga telah bekerja sama dengan Perpustakaan IPB dengan membuka corner seperti BI Corner dan SNI Corner, untuk mengembangkan koleksi yang ada upaya-upaya telah dilakukan dengan bekerja sama dengan kementrian terkait untuk mendapatkan buku-buku hadiah. Pengadaan pembelian/langgan bersumber dari dana BPPTN dan dana masyarakat.

Sumber bahan pustaka yang rutin diterima adalah karya ilmiah seperti Skripsi, Tesis dan Disertasi. “Setiap unit kerja, Civitas IPB dan tenaga kependidikan IPB yang menghasilkan karya ilmiah diwajibkan untuk menyerahkan hasil karyanya ke Perpustakaan IPB, sesuai Peraturan Rektor IPB No.06/13/PL/2010 tentang serah simpan karya ilmiah di lingkungan IPB. Karya ilmiah yang diserahkan ke Perpustakaan diupload di web Repository IPB oleh Perpustakaan sebagai pengelola konten. Tahun ini (2016) Repository IPB menempati peringkat ke 1 di Indonesia dan Asia Tenggara.” Demikian penjelasan Ratnaningsih, S.Sos, MP

 

Ratna PH

Ed : Putri IT

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*